Mengajarkan Anak Cara Mengasihi Sesama dalam Keragaman

Anak perlu dididik untuk mengasihi sesama meskipun berbeda-beda latar belakang. Untuk itu, ketahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Tiap orang pasti ingin dikasihi. Sebaliknya, tidak ada orang yang ingin dibenci atau dijauhi. Namun, tidak semua orang tahu cara mengasihi dengan tepat. Ada pula yang membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, dan rasnya. Padahal, identitas tersebut pada umumnya didapatkan sejak lahir, tanpa kebebasan memilih sesuai keinginan.

Oleh karena itu, perbedaan-perbedaan demikian seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. Kita tetap bisa mengasihi orang lain dalam keragaman. Hal ini perlu ditegaskan oleh orang tua kepada anak. Bukan hanya itu, orang tua perlu mengajar anak mengasihi tanpa terpengaruh perbedaan identitas tersebut.

Tips Sederhana

Lalu, bagaimana cara mendidik anak mengasihi orang lain yang memiliki latar belakang beragam? Berikut beberapa tips sederhana.

1. Hindari menjelek-jelekkan orang lain

Anak-anak suka meniru kebiasaan orang terdekatnya, khususnya orang tua. Ketika orang tua menjelek-jelekkan orang lain karena sentimen dengan agama, suku, dan ras, anak juga akan melakukan hal yang sama. Kebiasaan ini dapat berlanjut hingga dewasa dan bisa berdampak negatif.

2. Hargai kepercayaan atau prinsip orang lain

Menjunjung tinggi kepercayaan dan prinsip diri sendiri adalah sebuah sikap yang baik. Namun, ini tidak berarti perlu meremehkan atau merendahkan kepercayaan dan prinsip orang lain. Setiap orang perlu menghargai pilihan orang lain terhadap hal ini. Nah, orang tua perlu menanamkan sikap ini kepada anak sejak dini.

3. Bertindak nyata membantu orang yang berbeda latar belakang

Apakah Anda pernah mengajak anak untuk membantu korban musibah walaupun bukan satu suku? Tindakan ini merupakan salah satu cara untuk mengajarkan kasih kepada anak terhadap sesama.

Bukan hanya pada saat terjadi musibah, tindakan mengasihi juga bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa memanfaakan momen Hari Kasih Sayang untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Tanpa memandang suku, agama, dan ras, ajaklah anak untuk rajin menolong orang lain.

Nah, demikian beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mendidik anak mengasihi sesama dalam keragaman. Sederhana, bukan? Selamat mencoba.

 

Mari ajak si kecil mengenal dan bersyukur atas keberagaman dengan belajar di Primaindisoft

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?