7 Tips Mudik Nyaman Bersama Balita

Pulang ke kampung halaman saat lebaran adalah hal yang selalu dinanti. Lalu, bagaimana jika Anda harus membawa si kecil yang masih balita untuk pergi mudik? Mungkin ini bisa menjadi pengalaman pertama untuk Anda maupun si kecil. Untuk itu, mudik bersama balita memiliki persiapan khusus.

Mudik membawa si kecil akan sangat berbeda dibanding Anda pergi sendiri atau hanya bersama pasangan. Yang terpenting, Anda harus bisa membuat si kecil selalu merasa nyaman dalam berbagai kondisi. Tak perlu bingung, ikuti tips mudik berikut ini, untuk membuat perjalanan mudik nyaman untuk si kecil.

Utamakan Kesehatan

Pastikan kondisi kesehatan si kecil dalam keadaan sehat bugar sebelum, selama dan sesudah pergi mudik. Untuk itu Anda bisa memberikan suplemen kesehatan beberapa hari sebelum pergi mudik. Jika si kecil sakit, segera bawa ke dokter dan pastikan kondisi kesehatannya aman untuk bepergian jauh. Jangan lupa membawa P3K khusus balita seperti obat untuk nyeri, luka, alergi, salep memar, vitamin harian dan juga obat-obatan khusus untuk si kecil.

Packing yang Tepat Guna

Selalu buat cadangan pakaian saat packing. Siapkan juga tas kecil berisi pakaian yang nyaman, longgar, dan praktis beserta tissue basah, handuk kecil, sabun, dan popok di tas terpisah dengan koper. Hal ini akan memudahkan Anda saat harus mengganti pakaian si kecil saat koper jauh dari jangkauan.

Pilih Moda Transportasi Kesukaan Anak

Jika si kecil sudah bisa memilih, maka cobalah ajak si kecil untuk memilih moda transportasi yang disukai untuk dipakai mudik. Pilihan menggunakan kendaraan pribadi, pesawat, kereta, kapal atau bus, masing-masing memiliki tantangan dan keseruan tersendiri.

Selalu Bawa Camilan Kesukaan

Rumus dalam sebuah perjalanan adalah, jangan biarkan perut kosong. Perjalanan panjang membutuhkan banyak energi, untuk itu makanan haruslah selalu tersedia untuk si kecil. Siapkan camilan kesukaannya di tas Anda, tas si kecil, dalam kendaraan, dan di koper. Sebaiknya sediakan camilan sehat yang penuh gizi dan tanpa pengawet. Namun, karena perjalanan ini juga berat untuk si kecil, mungkin sesekali Anda bisa sedikit beri kelonggaran dalam pemilihan makanan yang ia mau.

Bawa Mainan Favorit

Saat harus menunggu atau diam dalam kemacetan tentu akan membuat si kecil mudah bosan. Selalu bawa beberapa mainan favorit yang bisa dimainkannya. Karena ini perjalanan yang panjang, maka keluarkan mainan satu per satu. Sehingga Anda punya banyak cadangan mainan jika si kecil bosan.

Pertimbangkan Rutinitas Harian Anak

Anda pasti sudah mengenal baik jadwal rutinitas jam tidur, mandi dan makan si kecil. Usahakan jam rutin ini tetap dijalankan selama perjalanan untuk menghindari si kecil rewel karena mengantuk, kelelahan atau lapar.

Buat Perjalanan Seru dan Penuh Edukasi

Jadikan selama perjalanan mudik menjadi hal yang seru dan penuh edukasi. Percayalah, selama perjalanan si kecil akan mudah menyerap berbagai informasi. Momen kumpul keluarga saat lebaran juga bisa menjadi ajang Anda menjelaskan tentang Silsilah Keluarga. Anda juga bisa mengajak si kecil bermain sambil menjelaskan hubungan antara anggota keluarga melalui permainan Puzzle Anggota Keluarga. Selama perjalanan, Anda juga bisa membuat si kecil lebih rileks dengan membacakan cerita interaktif seperti Bacaan Interaktif: Berkunjung ke Rumah Nenek. Perjalanan panjang saat mudik pun akan jadi pengalaman belajar yang menyenangkan untuk si kecil.

Itulah beberapa tips mudik bersama balita agar mudik aman dan menyenangkan untuk seluruh keluarga. Selamat mudik!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?