Dikenalkan oleh Benjamin S. Bloom, Apa Itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)?

Menjadi perbincangan di dunia pendidikan Indonesia, apa itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)?

 

Belakangan, Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjadi topik hangat di dunia pendidikan Indonesia. Pasalnya, soal HOTS banyak ditemukan pada soal ujian nasional dan soal ujian masuk perguruan tinggi. Meski membawa manfaat yang baik, ternyata soal HOTS banyak dikeluhkan oleh siswa karena terbilang sulit. Nah, bagi Anda yang belum tahu mengenai HOTS, berikut informasi yang bisa disimak.

 

  • Pengertian Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Pertama kali dikenalkan oleh Benjamin S. Bloom dkk. melalui buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals (1956), HOTS merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Dalam buku tersebut, Bloom juga mengemukakan tujuan pembelajaran yang dibagi menjadi tiga ranah: kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Di dalam ranah kognitif terdapat tingkatan kemampuan  berpikir yang dibagi lagi menjadi dua yaitu tinggi dan rendah. Ranah kognitif bahkan diperjelas oleh Lorin Anderson dan  David Krathwohl dkk. yang menjelaskan urutan kemampuan berpikir. Pertama yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Bagian mengingat hingga mengaplikasikan dikategorikan sebagi kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS) sementara sisanya yaitu menganalisis hingga mencipta termasuk ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

 

  • Tujuan HOTS

Secara garis besar, tujuan penerapan soal HOTS ini tak lain adalah menguji apakah seseorang mampu menganalisa, membandingkan, dan menghitung. Dengan begitu peserta didik tidak sekadar terpaku pada pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal saja melainkan mampu memahami konsep ilmunya.

Sementara bagi perguruan tinggi, penerapan HOTS pada soal SBMPTN diharapkan mampu menjaring calon mahasiswa yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan era digital seperti saat ini. HOTS pun dinilai menjadi solusi yang tepat untuk metode pembelajaran abad 21 karena bisa mengarahkan seseorang lebih kreatif, kritis, dan komunikatif.

 

  • Tips Mengerjakan Soal HOTS

Tak sedikit di antara para siswa yang mengeluhkan betapa sulitnya soal HOTS. Meski begitu, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah pengerjaan soal-soal HOTS. Apa saja tipsnya?

Pertama, cobalah untuk memahami setiap konsep materi karena nantinya Anda tidak bisa hanya mengandalkan hafalan rumus tetapi juga membutuhkan kemampuan analisa yang baik. Ke dua, biasakan rutin mengulang soal-soal HOTS yang kemungkinan muncul dalam soal ujian. Untuk mendapatkan simulasi soal ujian, Anda bisa memanfaatkan Primaindifost.com, media pembelajaran online lengkap mulai dari jenjang TK hingga SMA. Bukan hanya menyediakan latihan soal ujian, situs belajar ini juga menyediakan tutorial belajar yang menyenangkan.

 

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Higher Order Thinking Skills (HOTS). Bagi Anda yang akan menempuh ujian, selamat belajar dan semoga sukses!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?