Malala Yousafzai, Perempuan Inspiratif yang Ditunjuk PBB sebagai Duta Perdamaian Termuda

Ajari anak tentang nilai-nilai perjuangan dan keberanian menegakkan hak asasi manusia melalui kisah perempuan inspiratif, Malala Yousafzai

 

Masih ingat dengan kisah pilu seorang gadis Pakistan yang ditembak karena mengecam praktik Taliban? Ya, sejak tragedi tahun 2012 lalu, nama Malala Yousafzai

akhirnya dikenal sebagai perempuan inspiratif. Meski usianya masih belia, namun ada banyak kisah Malala yang bisa Bunda jadikan inspirasi untuk mendidik anak-anak. Apa sajakah? Berikut ulasannya.

 

  • Ditunjuk sebagai Duta Perdamaian Termuda oleh PBB

Sebelum dipilih sebagai Duta Perdamaian oleh PBB, Malala terlebih dulu menerima penghargaan nobel termuda di tahun 2014 ketika baru berusia 17 tahun. 3 tahun setelahnya, yaitu tahun 2017, PBB menunjuk Malala Yousafzai sebagai Duta Perdamaian Termuda. Baginya, tanggung jawab sebagai Duta Perdamaian PBB mampu memberikan kekuatan lebih agar bisa menjangkau kalangan luas.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menyebutkan bahwa keberanian Malala dalam membela hak perempuan dan anak-anak  untuk memperoleh pendidikan seolah menjadi simbol perdamaian serta pengabdian yang tidak tergoyahkan, sekalipun nyawanya berada dalam bahaya.

 

  • Mendirikan Yayasan Sosial Bernama Malala Fund

Tak sampai di situ saja, hingga kini perempuan inspiratif itu masih berjuang menyuarakan hak pendidikan untuk anak-anak di seluruh dunia melalui Malala Fund. Malala Fund sendiri merupakan yayasan sosial yang didirikan olehnya bersama sang ayah, Ziauddin, dengan tujuan “Bekerja untuk dunia agar setiap anak perempuan di dalamnya bisa belajar dan memimpin tanpa rasa takut.”

 

  • Mendapatkan Tawaran Kerjasama dari Perusahaan Apple

Tahun 2018 lalu, Malala Fund mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan Apple. Salah satu perusahaan terbesar di dunia ini memberikan dukungan untuk pemberdayaan wanita melalui program pendidikan. Bersama Malala Fund, melalui program Gulmakai Network, Apple berperan meningkatkan nilai beasiswa sekaligus memberikan bantuan berupa teknologi, kurikulum, hingga riset mengenai kebijakan pendidikan. Bagi Malala, kesempatan ini menjadi cara lain untuk mewujudkan impiannya melihat setiap perempuan memiliki masa depannya sendiri. Menurutnya, Apple juga telah membantu mengedukasi serta memberdayakan masyarakat di seluruh dunia melalui inovasi serta program filantropinya.

 

Nah, dari cerita di atas Bunda bisa mengambil nilai-nilai perjuangan dan keberanian dalam menegakkan hak asasi manusia seperti yang dilakukan Malala untuk kemudian perlahan-lahan menanamkannya kepada buah hati. Perjuangan Malala ini juga layak dijadikan sebagai sumber inspirasi untuk anak-anak yang sedang memperingati Hari Perempuan yang jatuh pada 8 Maret.

 

Mengingat setiap anak memiliki hak pendidikan, Bunda bisa menggunakan Primaindisoft.com, media belajar digital yang berisi materi pembelajaran yang interaktif, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas belajar si kecil.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?