Penerapan Soal Model HOTS dalam Ujian Nasional, Perlukah?

Penerapan soal model HOTS pada ujian nasional mulai digalakkan, intip penjelasan tentang manfaat HOTS pada proses belajar siswa berikut ini

 

Sejak diterapkan pada ujian nasional tahun 2018 lalu, soal HOTS masih menjadi perbincangan banyak kalangan. Beberapa di antaranya bahkan mengkritik kebijakan ini karena soal HOTS dinilai terlalu susah, salah kaprah, hingga ada pula yang menganggap bahwa Indonesia sangat terlambat dalam menerapkan soal HOTS pada ujian nasional.

Meski banyak kritik, nyatanya Kemendikbud akan menghadirkan kembali soal model HOTS pada ujian nasional 2019 mendatang. Salah satu tujuan diterapkan HOTS ini tak lain agar kualitas pendidikan di Indonesia tidak monoton. Kembali pada topik pro-kontra penerapan soal model HOTS, berikut ini penjelasan singkat mengenai Higher Order Thinking Skill (HOTS).

 

  • Keunggulan HOTS

Singkatnya, soal model HOTS ini mengajak para peserta didik untuk kritis dan berpikir secara rasional agar dapat menyelesaikan suatu persoalan. Masalahnya, level belajar yang dilakukan oleh kebanyakan siswa di Indonesia selama ini hanya berada pada tahap mengingat, memahami, dan mengaplikasikan. Tak heran bila penerapan soal model HOTS dinilai cukup menyulitkan.

Karena dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, melalui soal model HOTS, siswa bisa berlatih untuk mengembangkan daya nalar mereka. Selain itu, soal model HOTS juga bisa mendorong siswa untuk memahami konsep keilmuan yang mereka terima selama proses belajar.

 

  • Kemendikbud Imbau Guru untuk Terus Kembangkan Soal Model HOTS

Penerapan soal model HOTS pun kian digalakkan dengan imbauan dari Kemendikbud yang menganjurkan para guru untuk terus belajar dan mengembangkan soal model HOTS. Dengan mulai mengembangkan metode pembelajaran seperti sekarang, diharapkan nantinya Indonesia mampu menghasilkan penerus bangsa yang siap bersaing menghadapi era revolusi industri 4.0 dan milenium.

Kemendikbud bahkan mengklaim telah melatih sejumlah guru selama dua tahun sebelum soal HOTS mulai diterapkan.

 

Setelah tahu tujuan penerapan soal model HOTS pada pendidikan Indonesia, sebagai pendidik, Alhasil Anda juga dituntut untuk lebih memahami apa itu HOTS serta bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam bentuk soal. Untuk meringankan proses mengajar yang Anda lakukan, Anda juga bisa menggunakan soal latihan Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN) yang disediakan oleh Primaindisoft.com. Menariknya, seluruh latihan soal Primaindisoft telah disesuaikan dengan kurikulum saat ini. Membantu sekali, bukan?

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?