5 Cara Belajar yang Menyenangkan untuk Anak

 

Belajar itu menyenangkan lho! Mungkin itu yang ingin selalu Anda katakan kepada anak-anak untuk memotivasi mereka supaya lebih senang belajar. Namun, kata-kata motivasi saja tentu tidak cukup. Anda perlu melakukan cara-cara berikut supaya anak semakin mengerti bahwa belajar adalah aktivitas yang menyenangkan.

 

1. Gunakan Teknologi

Anak-anak kita mungkin sudah sering bermain video game, chatting dengan teman, atau melihat video menarik di tablet atau smartphone. Anak-anak menyukai teknologi. Jadi, pastikan anak Anda bisa belajar dengan menggunakan teknologi. Namun, pastikan setiap konten dan web yang ingin dibuka aman dan sesuai dengan usia anak. Web pembelajaran seperti Primaindisoft.com dapat menjadi pilihan menarik karena berisi berbagai konten sesuai dengan jenjang sekolah dan dikemas dengan bentuk menarik seperti video, komik interaktif, dan tutorial.

 

2. Buat Aktivitas Menarik

Anak-anak sangat suka bergerak dan melakukan aktivitas hands-on. Setelah mempelajari materi tertentu, ajak mereka membuat visualisasi atau simulasi dari materi tersebut. Misalnya, setelah mempelajari tentang Revolusi Bumi terhadap Matahari, ajak mereka membuat miniatur tata surya yang menggambarkan pergerakan bumi dan planet-planet lain terhadap matahari.

 

3. Lakukan Eksperimen

Jika mendengar kata IPA atau Matematika, anak Anda mungkin akan langsung cemberut karena membayangkan begitu banyak rumus dan pengetahuan yang harus dihapal. Bagi anak yang mungkin kurang tertarik dengan sains, eksperimen bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa mulai dengan eksperimen sederhana seperti Membandingkan Berat Benda atau Perubahan Wujud Zat.

 

4. Review Pelajaran dengan Game

Ketika anak akan menghadapi kuis atau ulangan harian, Anda bisa membantunya mengulang pelajaran dengan bermain game. Anda bisa memasukkan unsur tanya-jawab dalam hampir semua permainan. Jika ingin bermain menggunakan gadget, Anda dapat membuka game edukasi seperti Game Bangun DatarGame Memori Planet, atau Game Meteor.

 

5. Rekreasi Sambil Belajar

Waktu rekreasi juga bisa menjadi waktu untuk anak-anak mempelajari hal baru atau mengulang apa yang sudah mereka pelajari di kelas. Hal ini dapat membantu anak menghubungkan pengetahuan mereka dengan dunia nyata. Jika Anda berkunjung ke daerah pantai, ajak anak mengenal Ciri dan Keunikan Lingkungan Pantai. Sebaliknya, di gunung, Anda dapat mengenalkan Ciri dan Keunikan Lingkungan Pegunungan.

 

Coba praktekkan cara-cara di atas mulai sekarang. Semoga cara-cara menyenangkan tersebut dapat membantu anak lebih semangat belajar dan meraih prestasi.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?