Cari Tahu 3 Manfaat Try Out dalam Persiapan UNBK

Bukan hanya siswa saja yang harus mempersiapkan diri dalam menghadapi UNBK. Para guru pun perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk menggenjot siswanya agar bisa mendapatkan nilai UNBK yang memuaskan. Selain menyampaikan materi pelajaran, sebagai guru, Anda juga bisa memberikan latihan soal atau biasa disebut dengan try out sebagai bentuk persiapan menjelang UNBK. Pertanyaannya, sebarapa besar peran try out ini dalam membantu siswa menghadapi UNBK? Berikut ini jawabannya.

1. Mengasah Mental Siswa

Ujian nasional seringkali membuat siswa merasa cemas. Namun, tahukah Anda bila rasa cemas terkadang mampu mempengaruhi performa murid dalam mengerjakan soal UNBK? Sebagai guru, selain membekali siswa dengan materi-materi UNBK, Anda pun bisa membantu siswa untuk melatih mental mereka melalui try out.

Semakin sering Anda memberikan latihan try out, maka secara mental, pikiran, dan tubuh siswa pun akan terbiasa dan mampu beradaptasi dengan suasana try out selayaknya suasana UNBK.

 2. Mengukur Kemampuan Siswa

Tugas guru yang lainnya adalah membimbing siswa agar mereka lebih memahami materi mana yang tidak mereka mengerti. Melalui try out, Anda bisa mengukur sejauh mana para siswa mampu menjawab soal-soal latihan yang Anda berikan. Bila hasil try out kurang memuaskan, cobalah untuk memberikan try out tambahan. Setelah hasilnya keluar, Anda pun bisa menganalisa kemampuan siswa berdasarkan kumpulan nilai try out mereka.

 3. Sebagai Bahan Evaluasi Mengajar

Poin ke tiga ini masih berhubungan dengan poin ke dua. Apabila selama try out, nilai yang dihasilkan masih mengecewakan, hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi mengajar.

Coba diskusikan dengan murid, soal try out bagian mana yang tidak mereka pahami. Setelah mengetahui materi tersulit, artinya Anda harus menjelaskan kembali materi tersebut dengan cara yang lebih mudah dipahami. Untuk memudahkan proses mengajar, Anda juga bisa mencari tips-tips menjawab cepat sesuai materi yang tidak dipahami oleh siswa.

 

Itulah 3 manfaat try out, baik untuk siswa maupun untuk guru itu sendiri. Menyiapkan soal try out pun terkadang menjadi hal yang cukup merepotkan, namun kini Anda bisa menggunakan Aplikasi Latihan Ujian Nasional di Primaindisoft.com untuk mendapatkan contoh-contoh soal try out terbaru dan sesuai dengan kurikulum. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?