Kapankah Hari Palang Merah Indonesia Diperingati?

 

Cari tahu kapan hari Palang Merah Indonesia diperingati dengan membaca ulasan berikut ini

 

Bagi Anda yang pernah mengikuti program donor darah pasti sudah tidak asing mendengar nama Palang Merah Indonesia (PMI). Namun, tahukah Anda kapan hari Palang Merah Indonesia diperingati?

 

Lahirnya Palang Merah Indonesia

Tujuh puluh empat tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 September 1945, Palang Merah Indonesia (PMI) resmi dibentuk dan Dr. Moh. Hatta dilantik sebagai ketua PMI. Semenjak saat itu, Dr. Moh Hatta dikenal sebagai Bapak PMI dan 17 September diperingati sebagai hari Palang Merah Indonesia.

Tapi tahukah Anda bahwa PMI sebenarnya sudah ada jauh sebelum tanggal 17 September 1945? Dilansir dari laman resmi PMI, Pada tanggal 21 Oktober 1873 pemerintah Hindia Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Het Nederland-Indiche Rode Kruis.

Lima puluh sembilan tahun kemudian para pelopor dan pemuda memiliki semangat untuk mendirikan Palang Merah sendiri dengan nama PMI. Meski proposal pendirian PMI sempat ditolak oleh pemerintahan Jepang, namun setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 3 September 1945 Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan saat itu untuk melakukan pembentukan PMI. Pendirian PMI ini sekaligus bertujuan mengumumkan pada dunia bahwa Negara Indonesia telah merdeka.

 

 

 

Peran Palang Merah Indonesia Bagi Bangsa

Setelah mengetahui kapan hari Palang Merah Indonesia diperingati, selanjutnya, Anda juga perlu tahu bagaimana peran PMI bagi Bangsa Indonesia. Sebagai badan sosial, PMI menjadi lembaga terdepan untuk menangani masalah kemanusiaan seperti tanggap bencana alam, menanggulangi penyakit, hingga membantu penanganan konflik yang ada di Indonesia.

Tak berhenti sampai di situ, sejak 2011 silam PMI menjalankan program Sekolah Sehat sebagai upaya membantu memfasilitasi kesehatan siswa di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Sekolah Sehat hadir melalui kegiatan ekstrakurikuler bernama Palang Merah Remaja (PMR). PMR sendiri memiliki peran sebagai pendukung pelaksanaan Pendidikan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi teman sebaya di sekolah.

 

Itulah sekilas rangkuman Primaindisoft mengenai kapan hari Palang Merah Indonesia diperingati. Sebagai penutup, Anda juga perlu tahu bahwa dalam menjalankan tugasnya PMI selalu mengutamakan asas kemanusiaan tanpa memandang suku, ras, dan agama. Semoga informasi di atas semakin menambah pengetahuan Anda tentang PMI.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?