Cara Mengajari Siswa Dasar Pemrograman dan Office

Zaman sekarang, mempelajari hal-hal yang sifatnya digital adalah hal yang penting untuk anak sekolah. Dengan mempelajari hal tersebut semisal Office, anak sudah akan memiliki basic skill yang baik. Bahkan, untuk aneka tugas yang diberikan, mereka bisa mengerjakannya dengan menggunakan komputer.

Selain masalah office, bahasa pemrograman juga harus dikenalkan sejak dini pada anak seperti yang sederhana HTML dan yang cukup rumit PHP. Kalau Anda ingin mengajari peserta didik Office dan pemrograman begini caranya.

  1. Menjelaskan Sedikit Teori

Office dan bahasa pemrograman sebenarnya mudah diajarkan asal Anda mengajar dahulu dasar dan teorinya. Lakukan pembelajaran ini secara singkat karena terlalu banyak teori juga membuat anak jadi mengantuk, apalagi kalau terlalu banyak materi dan berbelit-beli. Ajarkan teori sekadarnya saja untuk memulai praktikum.

  1. Praktik Langsung

Lakukan praktikum secara langsung kalau ingin memuat peserta didik langsung memahaminya. Anda bisa menggunakan layar LCD dan anak-anak mengikutinya secara langsung untuk melakukan praktik selama beberapa kali.

Setelah melakukan praktik, sebisa mungkin untuk memberikan tugas. Dengan tugas ini anak bisa langsung memantapkan apa yang diajarkan. Kalau esok hari ada tes anak akan langsung mengingatnya kembali.

Kalau anak memiliki masalah dengan apa yang diajarkan, minta mereka untuk bertanya lagi. Selanjutnya jelaskan dengan lebih perlahan agar semua anak paham.

  1. Menggunakan Media Belajar yang Tepat

Kalau Anda kesulitan dalam mencari materi apa saja yang sekiranya tepat untuk diajarkan, ada baiknya untuk membuka Primaindisoft.com. Di sana ada banyak sekali materi atau bahan ajar untuk TK hingga SMA yang dikelola dengan baik termasuk komik interaktif.

Anda bisa membukanya untuk mempelajari apa saja yang diberikan pada anak. Selanjutnya Anda bisa langsung mengajari anak tentang Office dan pemrograman sederhana sehingga kemampuan mereka akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Untuk pembelajaran di luar, Anda bisa meminta anak untuk langsung membuka platform belajar digital tersebut.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan Office dan pemrograman. Materi ini dan beragam materi pendukung sesuai kurikulum bisa Anda akses dengan mudah di situs media belajar online Primaindisoft. Sign up sekarang juga untuk memperoleh manfaatnya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?