Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian

how i study well

Ujian sekolah merupakan salah satu penentu kelulusan dan juga representasi dari kualitas kita selama di sekolah. Namun sayangnya banyak kita para siswa yang phobia duluan ama yang namanya ujian sekolah, akhirnya kita jadi malas belajar dan menerapkan metode SKS (Sistem Kebut Semalam). Padahal pada sebuah jurnal Child Development, dijelasin kalau metode belajar instan disertai rasa panik hanya akan memperburuk kondisi otak, sehingga hasil ujian pun biasanya jelek. Dibutuhkan cara belajar efektif menghadapai ujian yang tidak hanya menekankan pada outcome oriented atau orientasi nilai, melainkan yang menekankan pada pentingnya sebuah proses.

Oleh karenanya Primaindisoft mau bagi tips :

Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian

Bagi kamu yang dalam waktu dekat ini akan menghadapai ujian sekolah atau ujian nasional, dan sedang mencari info mengenai trik belajar paling efektif menjelang ujian, selamat ya, kamu udah berada di tempat yang tepat. Berikut ini beberapa cara belajar efektif menghadapi ujian:

  • Luangkan Waktu yang Cukup untuk Belajar
    Meluangkan waktu untuk Belajar

Kesalahan paling fatal yang biasa dilakukan siswa adalah menerapkan konsep last-minute. Mereka berpikir bahwa belajar disaat-saat terakhir menjelang ujian dapat membuat otak mampu mengingat lebih banyak pelajaran. Otak tidak siap menerima banyak asupan informasi secara mendadak, selain itu rasa panik juga akan membuat konsentrasi menjadi berkurang. Cara terbaik adalah dengan meluangkan waktu yang cukup untuk belajar. Buat jadwal belajar rutin, dan jangan terlalu membebani pikiran dengan hasil yang mesti didapatkan.

 

  • Ajarkan Apa yang Telah Kamu Pelajari
    belajar efektif | mengajar

Cara belajar efektif menghadapi ujian lainnya adalah dengan mengajarkan apa yang telah kamu pelajari. Jadi seorang siswa tidak harus selalu mempelajari sesuatu, melainkan juga dapat mengajarkannya pada orang lain. Cara ini dapat memperkuat ingatan akan pelajaran yang sedang dipelajari. Caranya cukup mudah, persiapkan materi pelajaran, ajak beberapa teman, lalu mulai deh kamu menjelaskan pelajaran. Kamu juga bisa menggunakan boneka-boneka sebagai murid bohong-bohongan, yang terpenting kamu sudah berusaha untuk menerapkan cara ini menjelang ujian.

 

  • Membaca dengan Suara Lantang
    Belajar | Suara Lantang

Walaupun cara ini membuatmu terlihat aneh, namun kamu akan terkejut betapa cepatnya kamu menghapal pelajaran. Membaca dengan suara pelan atau dalam hati memang terlihat lebih bijak, namun jika situasinya sudah sangat mepet, maka kamu memerlukan metode yang lebih canggih. Cara belajar efektif menjelang ujian ini harus kamu lakukan di tempat-tempat terbuka seperti taman, pinggir pantai, ataupun diatas loteng. Jangan coba-coba melakukan cara ini saat kamu berada di perpustakaan ya.

 

  • Membuat Mind Map
    Cara membuat mind map

Salah satu kesukesan belajar bukan hanya terletak pada kemampuan mengingat, namun juga kreativitas dan intelejensia. Banyak siswa cenderung hanya menghapal pelajaran, padahal memori otak akan lebih kuat jika dibantu dengan kreativitas. Kamu bisa membuat mind map, atau memetakan berbagai konsep pelajaran. Mulailah dari tema utama yang telah dipelajari, lalu kembangkan hingga kamu mampu memahami pelajaran seutuhnya.

 

  • Matikan Dulu Akun di Media Sosial
    belajar stop social media

Salah satu penghambat siswa untuk belajar adalah karena terlalu aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan lain-lain. Menjelang ujian ada baiknya kamu menonaktifkan sementara akun-akun di media sosial. Cara ini sangat efektif terutama agar kamu mampu fokus pada ujian yang akan dihadapi.

 

Nah itulah beberapa cara belajar efektif menghadapi ujian, selain cara-cara diatas, jangan lupa ya untuk selalu berdoa dan meminta restu pada orang tua.

Punya cara belajar yang lain ?
Atau ada yang ingin ditanyakan ?
malu bertanya sesat di jalan
yuk, tinggal komen aja di kotak komentar

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?