Mengenal Batik Lebih Dekat

Batik dan sejarahnya
Batik

 

Sebagai orang Indonesia, kita pasti mengenal batik sebagai salah satu khazanah budaya bangsa. Batik tidak hanya dipakai sebagai pakaian belaka, namun juga memiliki makna yang lebih mendalam, khususnya yang berhubungan dengan identitas bangsa. Pada zaman dahulu kain batik digunakan untuk menggendong bayi, sang ibu berharap kain batik dapat memberikan keberuntungan bagi anaknya. Pada zaman modern, batik tidak hanya merupakan simbol etnik khas Indonesia, melainkan memberikan sumbangsih sangat besar bagi bidang fashion dan industri. Dalam artikel ini, kamu dapat mengenal batik lebih dekat, sehingga kecintaan kamu terhadap bangsa Indonesia semakin meningkat.

Sejarah Batik

Untuk mengenal batik lebih dekat lagi, ada baiknya kamu mengetahui sejarah kemunculan batik terlebih dahulu. Secara etimologis kata batik berasal dari bahasa Jawa yang berarti menulis titik, sehingga jika dijabarkan, batik merupakan suatu teknik penggambaran motif dengan titik-titik yang bersumber dari lilin malam. Batik mulai sangat populer pada zaman Majapahit, saat itu batik menjadi iconic style para bangsawan dan juga anggota keluarga kerajaan. Batik yang dipakai oleh orang-orang berdarah biru tersebut akhirnya menjadi patokan fashion style yang bagus di mata rakyat, sehingga mereka pun memakainya juga. Batik juga semakin dikenal pada zaman penyebaran islam, khususnya di daerah Solo dan Yogyakarta. Pada zaman dahulu batik dipercaya sebagai penolak bala dan dapat memberikan keberuntungan bagi siapapun yang memakainya.

 

Proses Pembuatan Kain Batik

Orang-orang pasti sudah familiar dengan batik, namun banyak orang yang belum tahu mengenai proses pembuatan batik dan jenis-jenisnya. Perlu kamu ketahui, terdapat 3  macam proses pembuatan batik yaitu tulis, cap, dan print. Batik tulis merupakan jenis batik yang paling mahal karena dibuat dengan cara manual. Dengan menggunakan canting, pembatik menuliskan lilin malam pada permukaan kain, lalu dicelupkan pada cairan berwarna. Prosesnya sangat sulit, dan hasilnya pun terlihat lebih natural. Sedangkan batik cap menggunakan cap yang terbuat dari tembaga (mirip dengan stempel namun dengan ukuran yang lebih besar), lalu ditempelkan pada permukaan kain. Sedangkan batik print merupakan jenis batik paling murah karena proses pembuatannya sangat mudah dan kurang alamiah.

 

Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Batik

Jika kamu menggemari batik maka kamu harus tahu juga peralatan apa saja yang digunakan untuk membuat batik, berikut ulasannya.

  • Gawangan: peralatan yang menyerupai jemuran, fungsinya untuk menggantungkan kain.
  • Dingklik: tempat duduk pembatik.
  • Bandul: alat untuk menahan kain batik agar tak tertiup angin.
  • Anglo: alat untuk memanaskan lilin.
  • Wajan: alat untuk mencairkan lilin.
  • Tepas: kipas yang digunakan untuk mengeringkan batik.
  • Kemplongan: meja flat yang berfungsi untuk merapikan batik.
  • Canting: alat lukis utama dalam pembuatan batik.
  • Taplak: kain yang diletakan di paha pembatik, berfungsi untuk menahan noda yang berceceran.

    Alat Membatik
    Peralatan untuk membatik

 

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Batik

Agar kamu semakin mengenal batik lebih dekat lagi, berikut beberapa fakta menarik mengenai batik:

  • Batik juga menjadi tradisi di beberapa negara, seperti Nigeria, Malaysia, Srilangka dan India. Namun Indonesia lebih dikenal dan diakui sebagai pemilik sah batik.
  • Batik Bukanlah Pakaian
    Banyak orang mengira batik adalah sebutan untuk pakaian bermotif bunga dengan pola berulang-ulang, padahal bukan. Batik adalah sebutan untuk polanya, bukan pakaiannya.
  • Batik telah ditetapkan sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO.
  • Batik sempat diperebutkan oleh Malaysia dan Indonesia, hingga akhirnya Indonesia lah yang diakui menjadi pemilik asli kebudayaan batik.
    motif gringsing
  • Batik motif gringsing merupakan motif batik yang paling populer.
  • Batik motif gringsing juga merupakan motif batik tertua.

 

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?