Belajar Tahapan Fotosintesis, Yuk! Dijamin Seru

Tahukah kamu jika cahaya matahari memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan tumbuhan? Ya, cahaya matahari bermanfaat dalam tahapan fotosintesis. Itulah sebabnya, tumbuhan biasanya tidak akan berkembang secara optimal jika ditempatkan di ruangan tertutup dan gelap.

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan untuk membentuk zat makanan berupa karbohidrat. Proses ini memerlukan cahaya matahari, air (H2O), dan karbondioksida (CO2). Ada 2 tahapan fotosintesis yang dijalani oleh tumbuhan, yaitu sebagai berikut:

  1. Reaksi Terang

Reaksi terang adalah reaksi tumbuhan untuk menangkap energi cahaya. Reaksi ini terjadi di membran tilakoid. Energi cahaya yang diserap tersebut akan menarik elektron berenergi rendah yang ada di dalam air. Elektron ini juga akan ditangkap oleh NADP+ lalu berubah menjadi NADPH. Molekul inilah yang menyimpan energi untuk sementara waktu.

Dalam reaksi terang, ada 2 jalur perjalanan elektron. Pertama, jalur elektron siklik. Jalur ini dimulai setelah pigmen fotosistem I menyerap energi matahari. Kedua, jalur elektron nonsiklik. Jalur ini dimulai setelah pigmen fotosistem II menyerap energi cahaya dan elektron berenergi tinggi.

Dari hasil penguraian air (fotolisis) tersebut, akan dihasilkan oksigen. Oleh kloroplas, oksigen dilepaskan dari H2O. Tahap fotosintesis ini lebih optimal jika berlangsung pada siang hari.

  1. Reaksi Gelap

Ini merupakan tahap kedua dalam reaksi fotosintesis. Peristiwa reaksi tersebut terjadi di dalam stroma kloroplas. Reaksi gelap memang tidak memerlukan cahaya matahari. Siklus yang disebut siklus Calvin-Benson ini memerlukan hidrogen, ATP, elektron dari NADPH, enzim, karbon dan oksigen dari karbondioksida, dan RuBp (Ribulosa bifosfat).

Reaksi gelap dapat dibedakan atas beberapa tahapan, yaitu:

  • Karbondioksida diikat oleh RuBp menjadi senyawa 6 karbon yang kemudian menjadi 2 fosfogliserat (PGA).
  • PGA menerima gugus pfosfat dari ATP, hidrogen, dan elektron dari NADPH untuk menghasilkan PGAL (fosfogliseraldehida).
  • 6 molekul karbondioksida akan menghasilkan 12 PGAL.
  • 10 PGAL kembali menjadi RuBp seperti tahap awal dengan mengikat CO2
  • 2 PGAL akan berkondensasi menjadi glukosa 6 fosfat. Molekul ini merupakan bahan baku untuk produk akhir yang membentuk karbohidrat.

Nah, demikian tahapan fotosintesis yang perlu kamu ketahui. Supaya lebih mudah dipahami, kamu bisa mengunjungi aplikasi berbasis web Primaindisoft. Di sini, tersedia berbagai ulasan mata pelajaran dalam bentuk animasi yang menarik.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?