Berkenalan dengan 5 Motif Batik Terpopuler dan Makna Filosofis dari Tiap Coraknya

Sudah tahu nama-nama motif batik? Sudah tahu makna di balik coraknya yang cantik? Jika belum, yuk simak informasi menariknya berikut ini.

Batik merupakan warisan budaya kebanggaan Indonesia. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki motif batiknya masing-masing. Saking istimewanya, batik kini telah menjelma menjadi item mode yang tak lekang oleh zaman.

Namun, tahukah Anda? Di balik cantiknya motif batik terdapat nilai sejarah dan makna filosofis tentang hidup. Penasaran, bukan? Nah, yuk kita cari tahu makna dari 5 motif batik terpopuler berikut ini:

1. Batik Mega Mendung

Mega mendung dilambangkan dengan guratan awan bersambung yang dihiasi gradasi 7 warna biru. Lengkungan awan mega mendung menyimbolkan roda kehidupan yang dinamis. Sementara itu, gradasi warna biru yang berurutan pada bentuk awan melambangkan kesejukan. Jadi, bisa dibilang, mega mendung memiliki makna bahwa manusia harus senantiasa sabar dan berkepala dingin dalam menghadapi roda kehidupan.

2. Batik Parang

Motif batik tertua di Jawa ini memiliki enam motif parang: parang arong, parang rusak, parang kusumo, parang slobog, parang kecil, dan parang klitik. Masing-masing motif parang mewakili status sosial masyarakat zaman dulu. Misalnya, motif parang barong yang melambangkan keagungan hanya boleh dipakai raja dan kaum bangsawan. Meski terdiri dari beberapa macam, motif parang memiliki ciri khas berbentuk ombak. Hal tersebut merupakan simbol pasang-surut kehidupan layaknya ombak.

3. Batik Kawung

Motif batik kawung memiliki bentuk buah menyerupai belimbing wuluh yang disusun secara geometris dan bersambung. Motif tersebut disusun secara vertikal hingga membentuk rangkaian. Dari batik kawung, kita dapat belajar makna bahwa kerja keras yang konsisten pada akhirnya akan membuahkan hasil yang sepadan.

4. Batik Sido Mukti

Motif batik sido mukti sering digunakan pada busana pengantin tradisional. Motif asal Solo ini memiliki ornamen kupu, singgasana raja, bunga, hingga gunungan. Setiap guratan corak pada batik sido mukti menyimbolkan kemakmuran. Tak heran, jika batik sido mukti kerap digunakan pada acara atau ritual sakral.

5. Batik Sekar Jagad

Motif batik asli Yogyakarta ini melambangkan peta dunia dan kebaikan. Karenanya, orang-orang yang dianggap pintar pada masa lampau kerap menggunakan motif sekar jagad. Selain melambangkan kecerdasan, motif sekar jagad pun mewakili karakteristik rendah hati. Pesannya, kita diharuskan untuk selalu rendah hati sekalipun dikaruniai kecerdasan dan kekayaan.

Wah, ternyata motif batik yang cantik dan detil bisa memiliki makna yang mendalam, ya? Nah, di momen Hari Batik Nasional ini, sudah sepatutnya kita turut serta dalam melestarikan warisan budaya bangsa. Salah satunya adalah dengan memperkaya wawasan seputar kebudayaan bangsa. Agar wawasan kebudayaan kita makin kaya, kunjungi primaindisoft untuk mendapatkan beragam konten edukasi yang disajikan secara menarik. Yuk, lestarikan warisan budaya bangsa!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?