Berapa Usia Ideal Anak untuk Mulai Diberi Uang Saku?

Memberikan bekal berupa uang jajan memang penting untuk melatih keuangan si kecil. Tapi kapan sebenarnya usia ideal anak diberi uang saku?

Mengajarkan anak mengelola keuangan sejak dini memang hal yang penting. Memberikan uang saku merupakan cara awal yang bisa Anda lakukan. Namun banyak orang tua yang bingung menentukan kapan usia ideal anak diberi uang saku?

Menurut Robin Taub, penulis buku A Parent’s Guide to Raising Money-Smart Kids, usia ideal anak diberi uang saku adalah ketika si kecil mulai bersekolah. Sekolah yang dimaksud adalah bangku SD di mana anak sudah memiliki lingkungan pergaulan yang lebih luas.

Memberi Uang Jajan Sebaiknya Harian atau Mingguan?

Kebanyakan orang tua di Indonesia memberikan jatah uang jajan harian untuk anaknya. Namun menurut Robin, memberikan uang jajan dengan sistem mingguan akan lebih efektif membentuk kebiasaan pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Memberikan jatah mingguan juga akan membuat anak terbiasa mengatur pengeluarannya setiap hari agar uang jajannya tidak habis sebelum satu minggu. Selain itu, memberikan uang jajan dengan sistem mingguan juga akan mempermudah Anda sebagai orang tua untuk membaca karakter anak dan bagaimana dia menyikapi keuangannya.

Mengubah Sistem Seiring Berjalannya Waktu

Seiring bertambahnya usia anak, penting untuk mengajarkan tanggung jawab yang lebih besar padanya. Termasuk dalam persoalan finansial. Selain menambah nominal uang yang diberikan, Anda juga bisa mengubah sistem mingguan menjadi bulanan. Ini adalah salah satu wujud kepercayaan Anda pada si kecil.

Bedakan Uang Jajan dengan Hadiah

Jangan menyamakan uang jajan yang menjadi jatah rutinnya dengan hadiah yang Anda berikan. Hadiah adalah kompensasi dari Anda ketika si kecil berhasil melakukan sesuatu. Misalnya bisa mencuci piring makannya sendiri atau membantu ibunya mengerjakan pekerjaan rumah.

Meskipun usia ideal anak diberi uang saku adalah ketika anak memasuki usia SD, Robin mengatakan bahwa di umur 5 tahun Anda sudah bisa mencoba melakukannya sesekali. Dengan begitu, tanggung jawab akan keuangan bisa mulai terbentuk dalam diri si kecil. Selain masalah keuangan, Anda bisa menemukan materi-materi manajemen lainnya untuk si kecil dengan mengakses Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?