4 Jenis Tempat Umum yang Perlu Dikenalkan Sejak Dini pada Anak

Apa saja yang termasuk fasilitas umum yang harus diperkenalkan pada anak sejak dini? Berikut beberapa contohnya!

Sejak lahir sampai usia pra sekolah, anak biasanya akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama anggota keluarga terdekatnya. Saat memasuki usia pra sekolah, Anda memiliki tugas baru yakni memperkenalkan contoh fasilitas umum dan fungsinya kepada si kecil.

Kenapa memperkenalkan contoh fasilitas umum itu penting? Selain untuk mengetahui fungsinya, anak juga bisa diajari bagaimana harus bersikap dan bagaimana cara menjaga fasilitas tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Apa saja jenis tempat-tempat umum itu?

Sekolah

Sekolah adalah tempat umum yang pertama kali harus Anda perkenalkan pada si kecil. Di lingkungan sekolah inilah anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan belajar bagaimana bersikap pada orang yang lebih tua (guru). Sebagai tempat belajar, berikan pemahaman padanya tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukannya di sekolah.

Rumah Sakit

Anda mungkin sesekali akan membawa si kecil ke rumah sakit. Entah itu untuk memeriksakan kesehatannya atau menjenguk saudara yang sedang dirawat. Memperkenalkan rumah sakit bisa sekalian Anda lakukan dengan mengajarkan peran masing-masing orang yang bertugas di sana. Jangan lupa ajarkan juga bagaimana sikap yang baik saat berkunjung ke rumah sakit (misalnya harus memakai masker saat menjenguk atau tidak boleh berisik di sekitar orang yang sedang dirawat).

Taman

Mengajak anak jalan-jalan ke taman mungkin sudah bisa Anda lakukan bahkan sejak anak masih bayi. Namun saat dia memasuki usia pra sekolah, alih-alih hanya mengajaknya menikmati suasana atau bermain, Anda bisa sekalian menerangkan pentingnya menjaga kebersihan di fasilitas umum seperti taman.

Pusat Perbelanjaan

Banyak orang tua yang punya kebiasaan membawa anaknya berbelanja di akhir pekan tapi tidak punya cukup persiapan memperkenalkan apa itu pusat perbelanjaan. Tidak ada salahnya memberi penjelasan singkat tentang apa itu supermarket dan apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan di sana. Dengan begitu, Anda bisa membawa anak-anak berbelanja tanpa khawatir mereka akan membuat kekacauan di sana.

Itulah beberapa contoh fasilitas umum yang bisa mulai Anda perkenalkan pada si kecil. Agar anak lebih mudah memahami tentang lingkungan, temukan beragam materi pembelajaran interaktif melalui Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?