Belajar Motorik Melalui Gadget

 

Jika mendengar kata gadget maka hal pertama yang terpikir adalah bagian yang jelek-jeleknya saja. Tapi apakah benar begitu? Penelitian masih terus dilakukan untuk bisa mengungkapkan bahaya gadget untuk anak. Hasil penelitian ada yang mengungkapkan bahwa gadget dapat membuat ketergantungan, ada pula yang berdampak pada kualitas tidur anak, namun ada pula yang mengatakan bahwa gadget bisa menstimulasi saraf motorik anak.

 

Dampak Positif Bermain Gadget 

Sebuah studi oleh Birkbeck, di Universitas London melakukan penelitian tentang kebiasaan anak bermain gadget dan perkembangan motoriknya. Penelitian dilakukan dengan menanyakan pada 715 orangtua yang memiliki anak di bawah usia 3 tahun. Mereka ditanyai seberapa sering sang anak bermain gadget seperti ponsel pintar atau tablet, dan bagaimana pola tidur anak mereka.

 

Penelitian ini menunjukkan bahwa balita yang aktif menggunakan gadget layar sentuh (tidak menonton saja), lebih cepat berkembang kemampuan motoriknya. Namun, perlu diingat, hasil penelitian ini masih terus dikaji kembali.

 

Salah satu manfaat lainnya dari si kecil bermain gadget adalah membantu perkembangan adaptif seorang anak. Jika perkembangan zaman sekarang ditandai dengan kemunculan perangkat dan aplikasi digital yang semakin canggih, maka si kecil pun harus tahu cara menggunakannya.

Tentunya dalam penggunaan gadget harus tetap dalam batas maksimal sesuai usia dan selalu dalam dampingan orang tua saat bermain.

 

Game Merangsang Motorik Anak 

Pilih permainan yang bisa membuat si kecil belajar melalui gadget. Pilih juga game yang sifatnya interaktif serta dapat merangsang perkembangan si kecil seperti game memori yang membahas tentang Benda di Sekitarku atau Hewan di Sekitarku. Misalnya saja, game puzzle, game menyusun gambar ini bisa  melatih si kecil belajar motorik halus, tentu ini tidak maksimal. Setelah habis waktu bermain gadget, Anda bisa mengajak si kecil bermain puzzle secara nyata.

 

Pastikan materi atau konten game bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar mengenal hal baru, melatih daya ingat dan memecahkan sebuah masalah. Sebagai orangtua, Anda bisa memberi penjelasan di dunia nyata tentang apa yang sudah dipelajari si kecil di game. Untuk melatih motorik kasar si kecil, Anda bisa mengajaknya bermain di taman sambil belajar tentang bentuk dan warna bunga yang sebelumnya telah si kecil pelajari di gadget.

 

Intinya, apapun game yang dilakukan si kecil di gadget mereka, pastikan tetap diimbangi dengan aktivitas fisik di dunia nyata.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?