Pahami 3 Peran Utama Keluarga di Era Digital

Di era digital seperti sekarang, keluarga dan orang tua harus memahami peran penting mereka saat mendampingi putra-putri tercinta.

 

Keluarga adalah unit sosial terkecil yang sekaligus menjadi pondasi utama terbentuknya sebuah masyarakat. Tugas keluarga, terutama orang tua, adalah memberikan bimbingan dan pendampingan kepada anak-anak sebelum mereka bersosialisasi dengan masyarakat yang lebih luas.

 

 

Di era digital seperti saat ini, tugas tersebut tidak menjadi lebih mudah. Keluarga perlu memiliki peran aktif ketika anak mulai bersentuhan dengan dunia digital. Berikut adalah sejumlah peran penting keluarga di era digital yang harus dipahami orang tua.

 

1.     Menerapkan batasan dan aturan khusus bagi anak usia dini

Dalam sebuah jurnal artikel yang dipublikasikan oleh American Academy of Pediatrics, orang tua disarankan untuk memberi batasan dan aturan penggunaan teknologi digital bagi anak-anaknya. Aturan tersebut berlaku secara khusus bagi anak-anak usia dini dan prasekolah.

Anak-anak dalam rentang usia 2-5 tahun sebaiknya hanya diberikan waktu maksimal 1 jam per hari untuk berinteraksi atau menggunakan media digital.

 

2.     Melibatkan diri dalam “screen time” anak

Keterlibatan orang tua menjadi peran penting lain yang perlu dimunculkan di era digital ini. Orang tua harus terlibat langsung dalam memilih atau menentukan media serta aplikasi digital yang digunakan oleh anak-anak. Pastikan media-media tersebut memiliki nilai edukasi dan bebas dari pengaruh negatif dalam bentuk apa pun.

Selain itu, orang tua juga perlu mendampingi anak-anak ketika mereka sedang berada dalam sesi screen time. Dengan begitu, orang tua dapat memonitor aktivitas anak saat mereka tengah berinteraksi dengan media digital.

 

3.     Menanamkan pentingnya komunikasi secara langsung

Meski teknologi informasi dan komunikasi berkembang secara pesat di masa sekarang, orang tua sebaiknya tidak mengesampingkan komunikasi tatap muka.

Setiap hari, luangkanlah waktu bersama seluruh anggota keluarga untuk saling berbicara dan bertukar cerita tanpa dihalangi oleh berbagai gawai atau media. Komunikasi semacam ini sangat diperlukan untuk perkembangan anak-anak dalam periode emas atau prasekolah.

 

Itulah sejumlah peran penting keluarga di era digital yang dapat dijadikan dasar oleh orang tua saat melakukan pendampingan. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi di era digital, Anda dapat mengajak putra-putri tercinta untuk mempelajari topik “Aku dan Keluargaku” di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?