Belajar 2 Faktor Penyebab Perubahan Rupa Bumi

Perubahan rupa bumi disebabkan oleh 2 faktor, yaitu tenaga endogen dan eksogen. Lalu bagaimana rupa bumi dalam 100 tahun ke depan?  

 

Seperti kita ketahui bentuk permukaan bumi ini beragam ada yang tidak rata, tinggi, rendah, cekung, atau datar. Di lingkungan kita terdapat dua bentuk permukaan bumi yaitu permukaan bumi di daratan dan di dasar laut. Lalu apa yang menyebabkan permukaan bumi itu berbeda?

  1. Tenaga Endogen

 

 

Tenaga endogen merupakan pembentuk permukaan bumi yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membentuk permukaan bumi baru. Terdapat 3 jenis tenaga endogen yaitu tektonisme (tenaga yang timbul dari perubahan lapisan batuan di permukaan bumi secara horisontal dan vertikal), vulkanisme (gejala yang berhubungan dengan proses keluarnya magma dari dalam bumi), dan Seisme,(gempa bumi)

  1. Tenaga Eksogen

 

 

Tenaga Eksogen cenderung merusak  permukaan bumi seperti radiasi matahari, air, es, manusia, angin, dan air laut. Tenaga Eksogen ada erosi (Pengikisan batuan atau tanah oleh tenaga erosi), pelapukan (penghancuran bagian batuan oleh zat penghancur), dan sedimentasi (proses penimbunan tempat lekuk dengan bahan hasil erosi yang terbawa aliran air, angin, dan gletser)

Prediksi Rupa Bumi 100 tahun lagi

Nah, setelah mengetahui penyebab perubahan rupa bumi ini, lalu bagaimana kira-kira prediksi perubahan rupa bumi ini dalam 100 tahun mendatang?  Tentunya bumi tidak lagi sama seperti sekarang ini bukan?

Menurut para ahli, bumi akan berubah seiring dengan perubahan iklim saat ini, layaknya yang telah dilalui bumi saat zaman es berakhir. Saat zaman es berakhir planet kita akan memanas 4 – 7 derajat lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan lapisan es yang ada di sebagian besar benua Asia, Amerika Utara, dan Eropa Utara mencair.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang faktor penyebab perubahan rupa bumi. Kamu  bisa mengunjungi Primaindisoft untuk mendapatkan materi pembelajaran yang interaktif dan lebih menarik secara online terkait penampakan bumi ini. Semoga bermanfaat ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?