Waspada Malaria, Kenali 7 Gejalanya

Malaria bukanlah penyakit yang bisa dipandang sebelah mata, oleh karenanya mengenal Gejala Malaria itu penting.

 

Malaria memang bukan penyakit yang bisa dianggap remeh. Pasalnya penyakit ini dapat berkembang demikian cepat ketika tubuh manusia mulai terinfeksi. Bahkan, diperkirakan dapat membunuh  hingga 660 ribu orang per tahun.

Apalagi di negara tropis seperti di Indonesia, parasit malaria mudah sekali berkembang, terutama di daerah Papua, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku. Malaria ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang berasal dari gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi.

 

 

Nah, setelah terkena gigitan nyamuk ini, gejala akan muncul 7 – 30 hari setelahnya. Berikut ini adalah 7 ciri untuk mengenal Gejala Malaria yang perlu Anda ketahui.

Ini 7 Ciri Gejala Malaria

Gejala utama penyakit malaria adalah demam tinggi dan gejala selengkapnya yang harus diwaspadai di bawah ini.

  • Gejala Malaria Ringan atau Tanpa Kompilasi

Gejala ini berlangsung selama 6 – 10 jam dan belum merusak fungsi organ.

  1. Tubuh terasa dingin dan menggigil.
  2. Demam
  3. Sakit Kepala.
  4. Mual dan muntah.
  5. Mual dan Muntah
  6. Tubuh berkeringat dan merasa lelah.
  7. Nyeri Pada Tubuh

 

  • Gejala Malaria Berat

Gejala ini sudah menunjukkan gangguan fungsi organ vital.

  1. Demam tinggi hingga menggigil hebat.
  2. Mengalami kejang.
  3. Mengalami gangguan kesadaran.
  4. Mengalami gangguan pernapasan.
  5. Timbul anemia yang berat.
  6. Mengalami kegagalan fungsi organ vital.
  7. Gagal ginjal.
  8. Kolaps kardiovaskular.
  9. Kadar gula darah rendah.

 

Sedangkan berdasarkan stadium, malaria dibagi menjadi 3 yaitu stadium dingin, stadium demam, dan stadium berkeringat. Berhubung penyakit malaria ini tidak boleh dianggap remeh, bila Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Nah, itulah penjelasan mengenal Gejala Malaria baik gejala ringan maupun berat. Yuk, kunjungi situs media belajar online, primaindisoft. untuk pembelajaran tentang penyakit dan beragam materi lainnya dengan penyajian yang beragam dan menarik, dengan demikian Anda lebih mudah untuk selalu update dengan dunia kesehatan, bukan? Anda juga dapat mengajarkan kebersihan dan kesehatan untuk anak sejak dini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?