Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mudik Bersama Keluarga

3 persiapan mudik keluarga yang perlu diperhatikan. Apa saja kah? Simak ulasan berikut ini

 

Berkumpul bersama keluarga besar ketika momen lebaran tiba merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena itu, muncul tradisi mudik yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang berencana pulang ke kampung halaman bersama famili, berikut 3 persiapan mudik keluarga yang perlu Anda perhatikan.

 

1. Jenis Transportasi yang Digunakan

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan ialah menentukan moda transportasi yang akan digunakan untuk mudik. Kebanyakan masyarakat Indonesia memilih mobil pribadi karena dinilai lebih hemat sekaligus mempermudah mobilitas. Namun, tak sedikit pula yang memilih transportasi masal seperti pesawat dan kereta api.

Keuntungan dari penggunaan transportasi masal sendiri yaitu meminimalisasi risiko terjebak macet. Konsekuensinya, Anda perlu membeli tiket dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan atau mendapatkan tiket dengan harga tinggi.

Sekadar informasi, pembelian tiket kereta api untuk mudik bisa Anda beli sejak H-90 keberangkatan, begitu pula dengan tiket pesawat. Sayangnya, penggunaan transportasi masal terkadang lebih mahal dari mobil pribadi. Nah, sekarang giliran Anda untuk menentukan.

 

2. Bawa Perlengkapan yang Memadai

Adapun persiapan mudik keluarga selanjutnya adalah membawa perlengkapan yang memadai. Seperti apa contohnya? Untuk Anda yang memilih mobil pribadi sebagai transportasi mudik, Anda perlu menyiapkan perkakas mobil seperti obeng, dongkrak, ban serep, dan segitiga pengaman apabila terjadi hal tak terduga.

Urusan perut selama perjalanan pun tak bisa diabaikan. Oleh karena itu, bawalah bekal yang cukup. Jika terjebak macet dan perut terasa lapar, Anda pun bisa menyantap makanan yang Anda bawa dari rumah.

Bila Anda memiliki buah hati, siapkan mainan yang bisa menghibur mereka agar tidak bosan, atau bisa bermain permainan edukasi di Primaindisoft. Selain itu, Anda sebaiknya juga menyiapkan kotak P3K dan obat-obatan.

 

3. Pilih Jadwal Keberangkatan yang Tepat

Seperti yang kita ketahui bahwa momen mudik tak lepas dari kata macet. Sebab itu, supaya terhindar dari macet, ada baiknya bila Anda menentukan waktu yang tepat. Kapan itu? Menurut hasil survei, puncak arus mudik biasanya terjadi pada H-2 atau H-3 sebelum lebaran. Nah, kalau Anda mendapatkan jatah libur lebih awal, sebaiknya Anda berangkat seminggu sebelum lebaran.

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan melakukan mudik pada malam atau pagi hari. Anda bisa menyesuaikannya berdasarkan kondisi fisik atau kesehatan pengemudi.

 

Demikian 3 persiapan mudik keluarga yang harus dipersiapkan dengan matang. Mengingat momen mudik sering kali dibarengi dengan angka kecelakaan yang meningkat, bagi pengguna mobil pribadi, Anda pun wajib berhati-hati selama berkendara. Apabila mengantuk, jangan ragu untuk beristirahat sejenak di rest area terdekat.

Komentar