Memahami Kesulitan Belajar Anak SMP dari Nilai Rapor yang Diterima

 

Jenjang pendidikan SMP tidak sama dengan saat masih SD. Anak yang berkembang dengan baik di SD terkadang sering mengalami kesulitan saat SMP. Bahkan rangking atau nilai yang biasanya baik bisa mengalami penurunan sehingga prestasi belajar anak menurun.

 

 

Anak atau orang tua biasanya jarang melakukan komunikasi selama sekolah berjalan. Akibatnya kesulitan belajar dari anak hanya bisa terlihat saat mereka mulai menerima rapor. Nah, saat menerima rapor inilah baru terlihat ada atau tidaknya masalah belajar pada anak. Kalau ada, orang tua harus memahaminya dengan cara di bawah ini.

1. Mengetahui Pelajaran yang Disukai dan Tidak

Setiap anak memiliki jenis pelajaran yang disukai dan yang tidak disukai. Tugas orang tua adalah mengetahui jenis pelajaran apa saja yang tidak disukai oleh anak. Kalau yang tidak disukai Matematika atau pelajaran sains lainnya, orang tua harus berusaha untuk membantu anak mengatasinya.

2. Mengetahui Keinginan Anak

Cara mengatasi gangguan belajar mungkin berbeda antara keinginan orang tua dan juga anak. Oleh karena itu, orang tua harus meminta pendapat dari anak. Orang tua bisa memberikan pilihan untuk les pada lembaga bimbingan belajar atau langsung memanggil guru privat.

Anak bisa memutuskan sendiri mana yang membuat mereka nyaman dan bisa menjalaninya. Orang tua hanya boleh memberikan opsi dan mengarahkan agar anak tidak merasa dipaksa.

3. Sering Melakukan Evaluasi Rutin

Selama ini banyak sekali orang tua yang tidak acuh dengan kondisi belajar anak yang terjadi di sekolah. Asal tidak bolos dan selalu berangkat dan pulang tepat waktu, orang tua menganggap anak sudah belajar dengan baik dan tidak ada masalah.

Meski anak cenderung diam, biasanya mereka juga memiliki masalah yang butuh diselesaikan. Oleh karena itu, orang tua harus mengambil inisiatif untuk selalu bertanya pada anak. Dengan melakukannya akan mulai terbuka dan mengungkapkan setiap masalah yang terjadi.

Nah, semoga setelah memahami ulasan di atas Anda bisa lebih bijak dalam menyikapi nilai rapor dari anak dan mampu memberikan dorongan semangat padanya agar terus berjuang. Anda juga bisa membantu Anda belajar dengan memanfaatkan Primaindisoft, situs media belajar online yang menyediakan materi-materi belajar.

Komentar