Ajarkan Pentingnya Literasi Sejak Dini pada Anak

Agar anak tumbuh dengan minat baca tinggi, pentingnya literasi sejak dini harus diajarkan kepada anak.

Indonesia memiliki banyak sekali perpustakaan dan banyak sekali buku-buku berkualitas. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan minat baca yang tinggi. Ini adalah kondisi yang memprihatinkan. Untuk menumbuhkan minat baca, orang tua harus gigih menanamkan tentang pentingnya literasi sejak dini pada anak.

Bagaimana caranya menunjukkan pentingnya literasi sejak dini pada anak? Simak beberapa tips berikut ini!

Berikan Contoh

Anak-anak adalah peniru ulung. Apa yang mereka lihat, itulah yang akan mereka praktikkan. Ketika sejak kecil mereka tumbuh dengan melihat orang tuanya membaca, rasa penasaran akan muncul dalam diri mereka. Secara perlahan ketertarikan terhadap buku akan muncul dan membuat mereka cinta membaca.

Buat Jadwal Khusus

Memperkenalkan anak pada buku tidak harus menunggu sampai dia memasuki usia sekolah dasar. Sebelum anak mengenal huruf sekalipun, Anda sudah bisa mengajaknya membaca bersama. Buat jadwal khusus di mana Anda bisa membaca buku cerita kesukaan si kecil. Bisa di sore hari saat Anda sedang santai, atau di malam hari menjelang jam tidur anak. Jadikan ini aktivitas rutin yang tidak boleh ditinggalkan agar si kecil terbiasa.

Ciptakan Sudut yang Nyaman untuk Membaca

Di area bermainnya, alih-alih hanya memenuhinya dengan mainan, isilah sebagian rak dengan buku. Pasang karpet yang nyaman dan empuk agar si kecil betah berlama-lama membolak-balik lembaran buku cerita yang Anda berikan.

Membaca dengan Suara Nyaring

Selain tempat yang nyaman, cara Anda memperkenalkan anak pada dunia membaca sangat penting. Cobalah untuk tidak sekadar membacakan buku saja. Temukan intonasi dan cara membaca yang menarik agar anak-anak merasa tertarik. Membacakan buku dengan cara ini bisa membantu merangsang pemahaman anak tentang materi buku dan membuat mereka ingin membaca buku itu sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan pentingnya literasi sejak dini pada anak. Jika Anda memerlukan materi bacaan lain yang menarik dan interaktif, dapatkan hanya di Primaindisoft. Daftarkan diri Anda dan dapatkan akses penuh ke semua kontennya dengan meng-klik tautan berikut ini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?