5 Tips Efektif saat Belajar Online

Ingin belajar online dengan lebih efektif? Lima tips berikut ini harus Anda lakukan.

 

Dengan akses komunikasi dan informasi yang kian mudah, proses pembelajaran kini tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas. Anda dapat mengakses serta memanfaatkan beragam konten pembelajaran menarik kapan dan di mana saja. Nah, agar proses belajar online dari media belajar digital bisa dilakukan secara lebih efektif, lakukanlah lima tips mudah berikut ini.

 

1.     Lakukan Riset untuk Memilih Media Belajar Digital

 

 

Banyaknya media belajar digital yang tersedia membuat Anda perlu melakukan seleksi yang sesuai dengan kebutuhan. Lakukanlah riset sederhana dengan mencari tahu konsep media belajar serta materi yang ditawarkan. Dengan memilih media belajar yang sesuai kebutuhan, Anda tentu akan mendapatkan hasil belajar yang lebih optimal.

 

2.     Kenali Sasaran dan Tujuan Belajar

 

 

Saat Anda memulai proses belajar online, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali tujuan dari pembelajaran tersebut. Mengidentifikasi sasaran serta tujuan di awal pembelajaran akan sangat membantu Anda untuk menentukan langkah-langkah yang harus dikerjakan selama proses pembelajaran berlangsung.

 

3.     Rancang Rencana Belajar

 

 

Pembelajaran berbasis online memiliki jadwal yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajar. Meski demikian, Anda sebaiknya merancang rencana belajar yang terstruktur agar dapat belajar dengan lebih efektif. Setelah merancang jadwal belajar, pastikan Anda mematuhi jadwal tersebut untuk dapat mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan.

 

4.     Bergabunglah dalam Forum Diskusi

 

 

Seperti halnya dalam kelas konvensional, proses belajar online juga akan terasa lebih efektif saat Anda berinteraksi atau berdiskusi dengan pembelajar lain. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Online College Students pada tahun 2018, sebesar 57 persen partisipan merasakan proses belajar online yang lebih sukses saat mereka membahas materi pembelajaran dengan partisipan lainnya di forum diskusi.

 

5.     Beri Motivasi kepada Diri Sendiri

 

 

Belajar online yang terkesan santai menjadi salah satu kendala yang banyak dialami oleh pembelajar. Tanpa niat dan motivasi yang kuat, proses belajar online bisa-bisa terbengkalai di tengah jalan. Oleh karena itu, Anda harus selalu memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan belajar. Tentukan tujuan harian atau mingguan yang harus dicapai, sehingga Anda akan terus termotivasi untuk terus belajar.

 

Itulah lima tips dasar yang bisa membantu Anda belajar online secara lebih efektif. Dengan menerapkan sejumlah tips di atas, pemanfaatan media belajar digital seperti Primaindisoft pun dapat menciptakan hasil pembelajaran yang lebih optimal. Selamat belajar!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?