Ajak Anak Mengenal Musim serta Pengaruhnya pada Kegiatan Manusia

 

Pelajaran tentang musim dan cuaca bisa mulai Anda berikan pada anak saat memasuki usia TK hingga SD. Dengan belajar tentang musim, anak bisa tahu tentang fenomena alam. Anda juga bisa mengajarkan kaitannya dengan berbagai kegiatan sehari-hari.

Materi yang Diajarkan

Anda bisa mulai dengan mengajarkan tentang dua musim di Indonesia, yaitu musim kemarau dan hujan. Mulailah dengan mengajarkan materi seperti:

  • Ciri-ciri musim

Ajarkan ciri-ciri musim panas dan hujan secara sederhana. Terangkan hal-hal seperti suhu yang menjadi lebih panas atau dingin, serta langit yang cerah atau berawan.

  • Efek musim pada tubuh

Ajarkan anak tentang dampak musim tertentu terhadap tubuh kita. Misalnya, saat musim panas, kita banyak berkeringat dan merasa haus. Sebaliknya, saat musim hujan, kita merasa kedinginan dan sering mudah lapar.

  • Dampak musim tertentu

Tunjukkan dampak musim tertentu pada kegiatan manusia. Anda bisa menggunakan contoh-contoh umum. Misalnya, terangkan bahwa petani biasanya menanam padi saat musim panas, atau bagaimana banjir sering terjadi pada musim hujan.

  • Kegiatan pada musim tertentu

Kaitkan pelajaran tentang musim dengan kegiatan sehari-hari anak. Misalnya, pada musim panas, kita banyak minum dan mengenakan pakaian yang tipis. Pada musim hujan, kita menggunakan perlengkapan seperti payung, jaket, jas hujan, serta sepatu karet saat keluar rumah.

Setelah mengajarkan hal-hal mendasar, Anda bisa memberi materi serupa yang lebih rinci. Misalnya, Anda bisa mengajarkan tentang musim yang tidak ada di Indonesia seperti musim gugur dan musim saljur. Anda juga bisa mengaitkannya dengan kegiatan rumah sehari-hari, seperti menjemur pakaian, mencuci kendaraan, menyiram tanaman, dan sebagainya.

Sumber Materi Belajar tentang Musim

Ada banyak sumber materi belajar yang bisa Anda gunakan untuk mengajar anak. Selain buku-buku pelajaran sekolah dan pengetahuan umum sesuai usia, Anda juga bisa mengajak anak untuk langsung mengamati fenomena alam serta kegiatan sehari-hari terkait musim.

Cara lainnya? Temukan materi pelajaran dari Primaindisoft. Anda bisa mendapat materi pelajaran tentang musim dan topik lainnya, dengan kategori sesuai usia serta tingkat pendidikan. Mengajar anak menjadi lebih mudah dengan materi lengkap dari Primaindisoft.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?