Gempa yang Bisa Menyebabkan Tsunami

Gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala mungkin membuat kamu bertanya-tanya. Apakah semua gempa berpotensi tsunami? Gempa seperti apa yang bisa berpotensi menimbulkan tsunami? Lalu, apa sebenarnya penyebab dari tsunami? Mari kita bahas satu per satu pertanyaan tersebut.

 

Tidak semua gempa berpotensi tsunami.

Sepanjang tahun 1861-1948, hanya terjadi 124 tsunami dari total 15.000 gempa bumi yang terjadi. Ini artinya sebagian besar gempa bumi tidak menyebabkan terjadinya tsunami.

Gempa yang berpotensi tsunami atau ‘tsunamigenic’ biasanya adalah gempa yang terjadi karena aktivitas seismik di bawah laut. Aktivitas seismik disebabkan oleh adanya gangguan di dalam kerak bumi, misalnya ada patahan atau ledakan.

Menurut Pusat Informasi Tsunami UNESCO, tsunami yang paling merusak adalah tsunami yang diakibatkan oleh gempa bumi dengan magnitudo besar dan pusat gempa yang dangkal atau dekat dengan dasar lautan.

 

Tsunami makin besar ketika mencapai pantai.

Panjang gelombang tsunami bisa mencapai ratusan kilometer. Namun, makin lama kecepatan tsunami akan semakin menurun, sementara tinggi gelombang semakin meninggi ketika semakin dekat dengan pantai.

 

Pada gempa yang terjadi di Palu pada 28 September 2018, tsunami bertambah besar karena melewati daerah teluk. Adanya teluk menyebabkan gelombang semakin tinggi. Tsunami ini disebabkan oleh gempa berskala tinggi, yaitu 7.5 SR. Gempa ini diakibatkan oleh bergesernya lempengan bumi yang terletak hanya 10 km dari atas permukaan bumi dan berjarak sangat dekat dengan pantai.

 

Bergeraklah ke tempat yang lebih tinggi.

Meskipun tidak semua gempa bisa menyebabkan tsunami, ada baiknya kita mewaspadai kemungkinan terjadinya tsunami. Saat gempa telah selesai dan kondisi mulai aman, kamu dapat berpindah ke daerah yang lebih tinggi. Terutama jika kamu sedang berada di daerah pantai ketika gempa terjadi.

 

Pengetahuan yang baik mengenai bencana akan membuat kamu lebih tenang dan dapat melakukan upaya penyelamatan diri yang lebih baik. Simak lebih jauh konten-konten menarik di bawah ini yang membahas tentang fenomena alam:

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?