Ajak Anak Mencintai Budaya Bangsa dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Budaya bangsa Indonesia sarat akan nilai-nilai luhur. Lantas, bagaimana cara mengenalkan nilai-nilai budaya tersebut pada anak-anak? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, suku bangsa, dan bahasa. Masing-masing suku bangsa memiliki nilai budaya tersendiri yang berkaitan erat dengan filosofi kehidupan. Kekayaan suku bangsa dan budaya inilah yang membuat bangsa kita istimewa.

 

 

Di momen Hari Keberagaman Budaya Nasional yang jatuh pada 21 Mei ini, sudah sepatutnya kita mulai memperkenalkan nilai luhur budaya kepada anak, sang generasi penerus bangsa. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk memperkenalkan keberagaman budaya bangsa pada anak-anak? simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Bacakan buku cerita legenda dari daerah

Anda dapat membacakan kisah-kisah legenda dari berbagai daerah, misalnya asal-usul nama daerah atau dongeng. Banyak buku cerita daerah yang dilengkapi ilustrasi menarik serta kutipan pesan moral yang dapat diambil dari cerita yang dibacakan. Setelah membacakan cerita daerah, Anda dapat menjelaskan pada anak tentang latar belakang para tokoh, kebudayaan yang dianut tokoh dari daerah, atau membahas pakaian yang dikenakan tokoh dalam cerita.

2. Ajak anak berwisata ke museum atau situs-situs sejarah

Di setiap daerah banyak terdapat museum atau situs budaya dan sejarah yang menyimpan kisah menarik dan inspiratif. Situs bersejarah seperti candi dan keraton merupakan tempat yang tepat untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya dan sejarah pada anak. Anda dan buah hati dapat sama-sama belajar mengenai latar belakang kehidupan orang-orang di masa lalu, kejadian bersejarah, hingga benda-benda peninggalan peradaban lampau yang sarat akan nilai seni.

3. Ajak anak menonton pertunjukkan seni tradisional

Pertunjukkan seni tradisional memang mulai sulit ditemukan belakangan ini. Namun, bukan berarti tidak ada. Setiap daerah kerap menggelar pagelaran seni tradisional pada momen khusus seperti peringatan Hari Kemerdekaan atau festival budaya. Anak dapat belajar menghayati keindahan tarian atau musik tradisional melalui kegiatan tersebut.

4. Ikut serta dalam peringatan khusus

Jangan ragu untuk mengajak anak berpartisipasi dalam peringatan Hari Kemerdekaan, pawai budaya, atau peringatan hari besar lainnya. Selain dapat memperkenalkan kebiasaan bersosialisasi pada anak, Anda juga turut mengajak anak untuk lebih mengapresiasi budaya dan tradisi.

5. Ajak anak untuk terlibat dalam kegiatan di lingkungan rumah

Masyarakat Indonesia dikenal dengan budaya gotong-royongnya. Anak-anak akan belajar arti sosialisasi dan gotong-royong saat diajak terlibat dalam berbagai kegiatan di lingkungan rumah, seperti bersih-bersih, perayaan hari besar, atau sekadar membantu tetangga yang tertimpa musibah.

Nah, itulah beberapa kegiatan seru yang dapat Anda lakukan bersama anak untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa. Anda dapat mengakses beragam konten edukasi menarik dari Primaindisoft sebagai bahan belajar anak-anak.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?