Tips Penggunaan Mind Map untuk Guru

Teknik mind mapping dapat meningkatkan efektivitas dalam proses belajar mengajar. Tentunya, jika dibarengi dengan cara dan strategi yang tepat.

 

 

Pembelajaran dengan mind mapping dapat menambah variasi kegiatan dalam kelas. Selain menambah interaksi dengan para siswa, mind mapping juga bisa melatih kemampuan kerja sama dan kolaborasi antar siswa. Teknik ini juga dapat digunakan untuk mengecek pemahaman siswa untuk setiap materi yang diajarkan.

Mari kita simak beberapa usulan kegiatan yang dapat meningkatkan penggunaan mind mapping dengan efektif!

  1. Perencanaan Belajar

Di awal semester, guru dapat mengajak siswa untuk melihat materi yang akan dipelajari bersama. Materi tersebut dapat dipresentasikan dalm bentuk mind map. Selain itu, guru dapat mengajak siswa berdiskusi bersama, serta memberikan masukan atau tambahan untuk materi yang akan diajarkan. Penggunaan mind map dapat memudahkan diskusi tersebut.

 

  1. Diskusi dan Brainstorming

Teknik mind mapping dapat menjadi salah satu cara untuk diskusi dan brainstorming ide. Guru dapat membagi siswa dalam kelompok berisi 2-3 orang. Lalu, setiap kelompok dapat membuat mind map dengan topik yang berbeda-beda.

 

  1. Presentasi

Guru dapat memberikan tugas presentasi berkelompok bagi para siswa. Tugas tersebut bisa dipresentasikan dalam bentuk mind map. Guru juga bisa menambahkan penilaian dari sisi kreativitas. Sehingga, siswa dapat berkreasi dengan menambahkan gambar dan warna yang sesuai.

 

  1. Online Mind Map

Guru juga dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan mind map yang dapat diakses secara online. Beberapa aplikasi atau website menawarkan pembuatan mind map online. Beberapa website juga memiliki fitur untuk pengerjaan mind map secara kolaboratif.

Hal ini membuat siswa terampil dalam menggunakan teknologi. Selain itu, siswa juga dapat mengerjakan mind map online di mana saja, tidak terbatas di sekolah. Diskusi dengan menggunakan perangkat teknologi dapat menambah keseruan belajar.

Beberapa website yang menawarkan penggunaan mind map online adalah, realtimeboard.com, bubbl.us, mindmup.com, venngage.com. Guru juga dapat mengakses konten belajar melalui peta pikiran atau mindmap di primaindisoft.com pada link berikut ini.

 

  1. Salah satu bentuk penilaian

Guru bisa menggunakan mind map untuk mengecek pemahaman siswa. Misalnya, setelah guru menjelaskan sebuah materi, murid membuat mind map sederhana yang dikumpulkan setelah kelas berakhir. Guru dapat melihat bagaimana pemahaman setiap siswa lewat tugas tersebut.

 

Pembelajaran yang banyak melibatkan siswa dapat meningkatkan minat mereka, apalagi jika siswa dibebaskan dalam berkreasi. Melalui teknik mind mapping, diharapkan siswa dapat mengalami proses belajar yang menyeluruh dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?