Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia 2018 menandai 73 tahun berdirinya Food and Agriculture Organization (FAO), salah satu badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani masalah pangan dan pertanian. Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah puncak perayaan acara ini pada bulan Oktober ini. Sambil menunggu, mari kita ketahui fakta-faktanya.

 

Awal Perayaan Hari Pangan

Hari Pangan sedunia mulai diadakan pada tanggal 16 Oktober 1981, sebagai hasil dari Konferensi Umum FAO pada bulan November 1979. Tanggal 16 Oktober dipilih untuk memperingati hari berdirinya FAO. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya isu terkait pangan, kemiskinan, serta pertanian di kalangan negara anggota.

 

Setiap tahun, FAO menentukan tema sesuai dengan isu global atau masalah spesifik yang menimpa area-area tertentu, terutama di negara berkembang yang kebanyakan hidup dari sektor pertanian. Beberapa tema penting yang telah diangkat antara lain adalah keamanan suplai pangan, perikanan, isu lingkungan terkait pangan dan pertanian, air, peran pemuda dan wanita dalam dunia pangan, harga makanan, hingga perubahan iklim.

 

Setiap negara memiliki cara berbeda untuk memperingati hari istimewa ini. Misalnya, ada yang mengadakan pameran dan forum edukasi, kerja sama dengan komunitas lokal, pemberian dana untuk organisasi-organisasi nirlaba, hingga pendidikan tentang Hari Pangan di berbagai sekolah dan universitas.

 

Sekilas tentang Perayaan Tahun 2018

Pada tahun 2018, Hari Pangan Sedunia mengambil tema Zero Hunger, alias Dunia Tanpa Kelaparan. FAO memilih tema ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang kelaparan global, terutama terkait masalah seperti perubahan iklim, masalah ekonomi, kekurangan gizi, hingga isu kegemukan yang melanda berbagai negara. Negara-negara anggota FAO juga menetapkan target bebas masalah kelaparan pada tahun 2030.

 

Sebagai puncak perayaannya, Indonesia akan mengadakan berbagai kegiatan yang mengusung potensi pertanian lokal di Kalimantan Selatan. Contoh kegiatannya antara lain adalah panen padi rawa, yaitu jenis padi yang bisa tumbuh di tanah berawa. Ada juga pameran hasil pertanian serta gelar teknologi.

 

Hari Pangan Sedunia bukan sekadar perayaan berdirinya lembaga pangan internasional, tetapi juga sarana agar negara-negara anggotanya tetap berkomitmen untuk memperhatikan masalah terkait pangan dan pertanian.

 

 

 

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?