7 Langkah Belajar Edit Video dengan Adobe Premiere dengan Gampang

Metadeskripsi: Belajar edit video dengan Adobe Premiere tidak terlalu sulit lho. Ini 7 langkah awal untuk memulai tahap belajar aplikasi edit video yang dapat Anda lakukan.

 

Adobe Premiere menjadi salah satu aplikasi edit video yang sangat populer. Aplikasi ini menjadi solusi untuk bisa melakukan berbagai pengeditan video sehingga terlihat lebih atraktif. Di waktu yang sama, cara belajar edit video dengan Adobe Premiere juga tidak terlalu sulit. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin memiliki kemampuan dalam edit video.

 

Ada 7 tahapan yang perlu Anda lakukan dalam proses pengeditan video di Adobe Premiere, yakni:

 

1. Siapkan video yang ingin diedit

Adobe Premiere mendukung proses pengeditan video dalam berbagai format, termasuk di antaranya adalah GIF, M4A, MP4, MPEG, WAV, WMV, dan lain-lain.

 

2. Jalankan aplikasi Adobe Premiere

Langkah berikutnya adalah dengan menjalankan aplikasi Adobe Premiere. Ketika menjalankan aplikasi ini, Anda perlu memperhatikan spesifikasi komputer yang dipakai. Pastikan komputer tersebut mampu menjalankan Adobe Premiere dengan lancar.

 

3. Ubah nama video dan tentukan lokasi penyimpanan

Tahap yang ketiga adalah dengan menentukan nama video hasil pengeditan dan lokasi penyimpanan. Pada aplikasi Adobe Premiere, Anda akan menemukan permintaan pengubahan nama dan penentuan lokasi penyimpanan di bagian awal.

 

4. Ketahui bagian-bagian dari Adobe Premiere

Lakukan adaptasi dengan tampilan Adobe Premiere. Anda perlu mengetahui beberapa bagian pada aplikasi ini, seperti Library, Video Source and Effect Control, Menu, Program/Video Preview, Toolbox, serta Timeline. Pastikan Anda mengetahui fungsi dari masing-masing bagian tersebut.

 

5. Masukkan video yang akan diedit

Tahapan berikutnya adalah memasukkan video yang akan diedit. Caranya adalah dengan masuk ke bagian menu dan memilih opsi Import. Ketika tahapan ini sudah Anda lakukan, maka video tersebut akan masuk ke bagian Library.

 

6. Masukkan video ke Timeline

Proses pengeditan bisa Anda lakukan dengan menempatkan video ke bagian Timeline. Caranya sederhana. Anda tinggal mengeklik dan menggeser video di Library sehingga berpindah ke Timeline. Di Timeline, Anda bisa melakukan proses pengeditan sesuai dengan kebutuhan. Kalau mau, Anda dapat pula melakukan berbagai eksperimen di sini. Anda dapat melihat preview hasil pengeditan pada bagian Program/Video Preview.

 

7. Simpan hasil pengeditan

Ketika proses pengeditan selesai, maka tahap yang terakhir adalah memastikan bahwa video tersebut sudah Anda simpan. Cara menyimpannya sangat mudah, tinggal menuju ke bagian Menu > File > Save.

 

Itulah 7 tahapan sederhana yang bisa Anda jalankan untuk memulai aktivitas belajar edit video dengan Adobe Premiere. Simak video selengkapnya di Tutorial Adobe Premiere Primaindisoft. Semoga bermanfaat, ya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?