7 Guru Yang Jadi Pejuang Kemerdekaan

Sejak lama kita hanya mengenal profesi guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Ternyata beberapa pahlawan yang sering kita dengar namanya ini, juga adalah seorang guru. Siapa saja mereka?

 

Jenderal Besar Soedirman

Jenderal Soedirman awalnya adalah seorang guru dan kepala sekolah di sebuah sekolah dasar yang dikelola oleh Muhammadiyah. Ketika Jepang datang, Soedirman bergabung dengan organisasi militer PETA bentukan Jepang. Di awal kemerdekaan, karena kelihaiannya dalam membuat strategi, Soedirman diangkat menjadi jenderal yang memimpin pasukan melakukan gerilya melawan Belanda.

 

Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara berjuang dengan pena dan gagasannya. Dia mendirikan organisasi Indische Partij yang berpolitik untuk memperjuangkan hak-hak dan kemerdekaan rakyat Indonesia. Ki Hadjar Dewantara juga mendirikan sekolah-sekolah dan menjadi guru agar dapat mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?