7 Cara Mudah Menghafal Perkalian

Mau anak lebih pintar perkalian? Yuk, ikuti cara mudah menghafal perkalian di sini! Ayo, gabung Primaindisoft dan dapatkan video pembelajaran gratis!

Anak kesulitan memahami perkalian? Bingung bagaimana cara mengajarkan perkalian dengan mudah? Jangan khawatir, sebab ada langkah mudah menghafal perkalian. Cara ini sangat efektif. Bahkan, bagi anak yang tidak menyukai pelajaran matematika.

Adapun cara yang dapat dicoba untuk memudahkan anak memahami perkalian, di antaranya sebagai berikut.

  • Menggunakan Alat Peraga

Anda bisa menggunakan alat peraga berupa sempoa untuk membantu anak mempelajari perkalian. Dengan alat ini, anak akan lebih mudah fokus dan memahami dasar-dasar perkalian. 

  • Mencatat Angka

Kendati tampak sepele, mencatat angka yang sudah dihafal merupakan cara terbaik untuk mengikat ingatan. Ajak anak untuk membuat tabel perkalian sederhana. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah mengingat perkalian.

  • Sering Mengulang

Agar hafalan anak semakin kuat, lakukan pengulangan perkalian setiap sore atau malam hari. Hal ini dilakukan agar anak tidak mudah lupa, terutama ketika perkalian telah mencapai angka besar di atas sepuluh.

  • Memberi Soal

Cara mudah menghafal perkalian lainnya adalah dengan rutin memberikan contoh soal pada anak. Setelah anak paham, beri ia waktu untuk memecahkan soal perkalian. Agar lebih menarik, beri hadiah dan hukuman. Misalnya, ketika ia berhasil menyelesaikan soal dengan baik, beri anak tambahan waktu bermain. Namun, ketika ia gagal menyelesaikan soal, beri anak tugas untuk menghafal perkalian angka tujuh atau sembilan.

  • Istirahat Sejenak

Belajar giat memang baik, tetapi anak juga membutuhkan waktu istirahat. Setelah belajar selama satu jam, beri jeda selama lima belas menit untuk merelaksasi otak dan mengembalikan konsentrasi.

  • Belajar di Pagi Hari

Hindari mengajak anak belajar ketika ia lelah. Otak yang terlalu lelah sangat sulit untuk menerima informasi baru. Sebaiknya, bagunkan anak lebih pagi untuk menghafal tabel perkalian dan mengulang pelajaran. Di waktu ini, pikiran anak jauh lebih segar sehingga mudah menyerap pelajaran.

  • Fokus

Fokus pada pelajaran merupakan salah satu cara tercepat untuk memahami perkalian. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara belajar anak. Apakah ia termasuk anak dengan tipe belajar visual, audio, atau kinestetik.

Itulah sejumlah cara mudah menghafal perkalian yang dapat Anda coba. Jika Anda ingin anak lebih cepat menguasai perkalian, maka jangan ragu untuk bergabung dengan Primaindisoft. Dapatkan akses gratis video tutorial perkalian dua bilangan, tabel perkalianyang bisa didownload, dan video pembelajaran lainnya. Ayo, daftar sekarang!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?