Bagaimana Cara Memahami Bahasa Tubuh si Kecil?

Bagaimana cara memahami bahasa tubuh balita? Ayo, simak selengkapnya di sini! Mau materi komunikasi nonverbal lebih lengkap? Kunjungi Primaindisoft!

Memahami bahasa tubuh balita merupakan hal wajib dilakukan oleh orang tua. Pasalnya, ketika anak dalam keadaan takut, terdesak, malu, atau kesal, mereka lebih sering menunjukkan emosi atau keinginannya melalui bahasa tubuh.

Arti Bahasa Tubuh si Kecil yang Perlu Diketahui

Mengingat bahasa tubuh merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, sangat penting mengetahui arti bahasa tubuh si kecil. Agar lebih paham, simak sejumlah bahasa tubuh si kecil beserta artinya berikut ini.

  • Menghindari Kontak Mata

Jika anak menghindari kontak mata, maka tandanya ia tengah merasa malu. Biasanya, anak yang terus mengalihkan pandangan menyadari bahwa dirinya telah melakukan kesalahan atau tindakan tidak terpuji, seperti menumpahkan makanan, merebut mainan temannya, atau berbohong pada Anda. Beri nasihat secara halus agar si kecil tidak mengulangi perbuatannya.

  • Bersembunyi

Anak yang pemalu sering bersembunyi secara tiba-tiba ketika bertemu orang lain. Bahasa tubuh ini menunjukkan bahwa ia merasa gugup. Untuk mengatasinya, beri contoh pada si kecil bagaimana cara berkenalan dan berbaur dengan orang lain. Lambat laun, si kecil akan lebih berani dan tidak lagi bersembunyi.

  • Melempar Mainan

Jika si kecil melempar mainannya, maka tandanya ia sedang merasa bosan. Cara mengatasi anak yang bosan cukup mudah, Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan atau melakukan kegiatan menarik lainnya.

Selain bosan, melempar mainan juga menunjukkan bahwa anak sedang kesal dan butuh perhatian Anda. Jika sudah begini, cara terbaik adalah mengajaknya berbicara dari hati ke hati. 

  • Membawa Boneka ke Tempat Tidur

Membawa boneka atau mainannya ke tempat tidur merupakan bahasa tubuh balita yang menunjukkan bahwa ia merasa cemas atau takut. Untuk mengurangi kecemasannya, temani si kecil hingga terlelap sembari berkata bahwa Anda akan selalu berada di sisinya.

  • Menyilang Tangan di Dada

Arti bahasa tubuh si kecil yang sedang menyilangkan tangan menunjukkan bahwa ia merasa tidak nyaman atau gelisah. Biasanya, anak akan melakukan ini jika ia tidak menyukai sesuatu atau berada di lingkungan yang asing baginya. Beri pengertian pada anak agar ia merasa nyaman.

Demikianlah informasi mengenai sejumlah bahasa tubuh balita yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin mempelajari komunikasi nonverbal lebih dalam, bergabunglah dengan Primaindisoft. Dapatkan informasi terkini seputar arti bahasa tubuh si kecil. Yuk, gabung!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?