3 Metode Sukses Mengajar dengan Kelas Digital

Sejumlah metode berikut dapat Anda terapkan untuk mengajar kelas digital yang sukses dan tepat sasaran.

 

Kelas digital kerap dikaitkan dengan penggunaan materi dan media pembelajaran berbasis teknologi. Meski hal ini memang benar adanya, penggunaan teknologi dalam kelas digital pada kenyataannya belum dapat dilakukan secara penuh. Teknologi yang tersedia baru digunakan dalam aspek-aspek tertentu, sedangkan proses pembelajaran tetap memerlukan pengarahan dari guru atau tenaga pengajar.

 

Itulah mengapa guru modern yang mengajar kelas digital perlu menerapkan sejumlah metode dan strategi khusus untuk mendukung kemajuan teknologi yang digunakan. Jika Anda adalah tenaga pengajar yang tengah berusaha menerapkan konsep kelas digital dalam proses pembelajaran, tiga metode berikut ini bisa dijadikan panduan.

 

1.     Sajikan Presentasi dengan Beragam Media

Kelas digital tidak harus terpaku pada satu jenis teknologi saja. Sebaliknya, Anda perlu mendukung penggunaan beragam jenis media untuk pembelajaran di satu kelas yang sama. Saat sesi presentasi, misalnya, Anda bisa menggunakan media yang berbeda, mulai dari papan tulis interaktif, laptop, tablet, ponsel pintar, atau media lainnya.

Hal serupa juga harus diterapkan kepada siswa. Ketika tiba giliran mereka untuk menyampaikan presentasi di depan kelas, bebaskanlah siswa untuk memilih media presentasi yang paling mereka sukai atau kuasai.

 

2.     Terapkan Blog Pembelajaran untuk Siswa

Metode lainnya yang bisa Anda terapkan dalam kelas digital adalah blog pembelajaran. Buatlah satu blog atau situs yang bisa diakses oleh seluruh siswa dalam kelas tertentu. Lalu, tugasi setiap siswa untuk berkontribusi dengan mengisi konten blog setiap hari atau setiap pekan secara bergantian. Selain menambah penilaian bagi tugas, siswa juga dapat melatih keterampilan digital mereka dalam mengisi blog kelas.

 

3.     Manfaatkan Konten Digital atau Buku Elektronik

Keberadaan buku elektronik dan konten digital yang kini tengah menjamur dapat dimanfaatkan sebagai strategi pembelajaran di dalam kelas berbasis teknologi. Saat ini, Anda dapat dengan mudah menemukan konten pembelajaran yang dapat mendukung beragam jenis materi lintas bidang.

Mengenai konten pembelajaran digital, Primaindisoft adalah salah satu media yang dapat diandalkan. Selain menyediakan materi untuk berbagai mata pelajaran di setiap tingkat pendidikan, situs pembelajaran tersebut juga menghadirkan contoh dan latihan soal yang bisa membantu siswa-siswa Anda mengevaluasi materi belajar yang telah didapatkan.

Itulah beberapa metode mengajar kelas digital yang bisa Anda terapkan di era teknologi seperti saat ini. Semoga sejumlah metode dan strategi di atas dapat menginspirasi Anda dalam menciptakan lingkungan belajar berbasis media digital yang tepat sasaran.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?