5 Tips Belajar Seru di Rumah untuk Anak TK

Memasuki usia sekolah, banyak orang tua merasa kebingungan untuk mengubah pola pikir anak. Ketika tadinya si kecil hanya sibuk bermain, sekarang dia juga harus mulai belajar. Padahal jika Anda cukup kreatif, bermain dan belajar bisa dilakukan secara bersamaan.

Jika anak Anda sedang duduk di TK A atau TK B, 5 cara seru berikut ini bisa Anda lakukan di rumah agar suasana belajar jadi lebih menyenangkan!

  1. Menghitung Anggota Keluarga

Matematika adalah salah satu pelajaran yang dianggap paling sulit. Cara paling mudah memperkenalkan matematika bagi anak usia TK adalah dengan menghitung jumlah anggota keluarga. Anda bisa mengajarinya terlebih dahulu di rumah agar ketika di sekolah, si kecil bisa menjawab soal dari gurunya.

  1. Mengelompokkan Benda

Anda bisa membantu si kecil menajamkan logika dengan mengajarinya mengelompokkan objek. Bisa berdasarkan warna, bentuk, maupun jenisnya. Agar lebih seru, gunakan mainan seperti Lego, patung-patung hewan atau mobil-mobilan mini miliknya.

  1. Menghubungkan Titik-titik

Usia TK adalah usia di mana si kecil mulai belajar menulis. Anda bisa mulai mengenalkan angka, huruf dan objek dengan mengajak si kecil menghubungkan titik-titik di buku tulisnya. Kegiatan ini juga bisa membantu perkembangan motorik anak.

  1. Menjodohkan

Selain bisa membantu si kecil mengingat, menjodohkan juga akan mempertajam kemampuan berpikirnya. Anda bisa memulai dengan yang paling mudah misalnya menjodohkan anggota keluarga berdasarkan tugasnya di rumah. Misalnya ibu harus memasak dan ayah bekerja di kantor.

  1. Membuat Kue Sambil Belajar

Belajar tidak harus dilakukan dengan cara yang serius. Ajak si kecil membuat kue bersama. Mengukur satu per satu bahan kue mulai dari tepung, gula dan susu akan membantu mengembangkan logika berpikirnya. Sambil mengajaknya bercerita mengenai kue yang dibuat, hitung berapa banyak cookies yang Anda hasilkan dengan bahan yang ditakar tadi. Membuat kue bersama juga bisa melatih kemampuannya mengikuti petunjuk atau arahan.

Usia TK adalah usia di mana anak masih belum bisa membedakan kapan waktunya mereka bermain dan kapan harus belajar. Anda harus cermat menggabungkan kedua kegiatan itu menjadi satu dengan melakukan langkah-langkah kreatif. Untuk suasana belajar yang lebih seru di rumah, dapatkan aneka materi pembelajaran anak TK A dan TK B hanya di Primaindisoft!

Komentar