Inilah Durasi Belajar yang Ideal bagi Si Kecil di Rumah

Ada begitu banyak mata pelajaran di bangku Sekolah Dasar yang harus dikuasai si buah hati setiap harinya. Agar mereka bisa mengikuti semua pelajaran itu dengan baik, Ayah Bunda tentunya sudah membiasakan anak-anak untuk belajar di rumah. Bahkan kalau bisa, mereka dapat memanfaatkan setiap waktu luang di rumah untuk mengulang pelajaran di sekolah.

Ya, memang kebiasaan belajar di rumah sangat penting untuk dilakukan. Namun, ada yang perlu diingat, jangan sampai kegiatan belajar membuat buah hati Anda menjadi kelelahan. Waktu belajar yang terlalu diporsir akan berefek buruk dan hasilnya tidak efektif bagi mereka.

Ini artinya, Ayah Bunda tentu perlu tahu, berapa durasi belajar yang tepat bagi buah hati Anda. Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Ratih Zulhaqqi, M Psi, waktu belajar di rumah yang ideal dan efektif bagi anak adalah maksimal dua jam setiap harinya. Ini juga dilakukan saat mereka secara fisik dan mental siap untuk belajar.

Pastikan juga buah hati Anda sudah makan, badan dalam keadaan rileks dan segar, serta suasananya sudah mendukung mereka untuk belajar. Namun, satu sampai dua jam waktu belajar yang digunakan anak, perlu diselingi dengan istirahat agar mereka tidak jenuh.

Nah, saat belajar, dampingi dan arahkan anak untuk mengulang pelajarannya di sekolah, mengerjakan PR, dan membaca materi yang akan dipelajari besok di sekolah.

Supaya belajar lebih praktis dan menyenangkan, Anda juga bisa mengajak mereka belajar secara online lewat website Primaindisoft. Berbagai materi SD dari kelas 1 sampai kelas 6 yang lengkap dan bervariasi dapat diakses di sana. Durasi belajar dua jam pun dapat dimanfaatkan anak untuk :

  1. Menonton Video Pelajaran / Tutorial

Konten videonya sudah mencakup berbagai tema, mata pelajaran dan pembelajaran tematik yang sesuai dengan kurikulum. Jadi, anak bisa belajar materi yang mereka dapatkan di sekolah secara interaktif.

Selain itu, primaindisoft juga menyediakan video tutorial untuk membantu mengembangkan soft skill anak. Isinya berupa panduan yang jelas dan mudah dimengerti mengenai langkah-langkah dalam menggunakan berbagai macam aplikasi maupun keterampilan menarik lainnya.

  1. 2. Latihan Soal

Anak juga bisa mengikuti dan mengerjakan berbagai kuis dan latihan soal yang penting dalam menguji pengetahuan mereka. Latihan soal ini juga bisa membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi ulangan sekolah.

  1. E-Comic

Anak-anak juga bisa belajar lewat komik, sehingga metode belajar mereka tidak monoton dan membosankan. Dengan E-Comic, materi pelajaran yang disajikan akan lebih terlihat fleksibel, seru, dan menarik.

Nah, cukup seru, bukan? Kini saatnya memaksimalkan durasi belajar buah hati Anda di rumah dengan cara yang efektif dan menyenangkan bersama Primaindisoft.

Komentar