5 Permainan Tradisional yang Dilakukan Perayaan Tahun Baru oleh Keluarga di Jepang

Perayaan tahun baru di Jepang selalu dilakukan secara meriah. Apalagi, mereka punya banyak tradisi yang telah dijalankan selama bertahun-tahun. Salah satu tradisi yang terus berusaha mereka lestarikan adalah dengan menggelar beberapa permainan tradisional khas Jepang setiap tahun baru.

 

Perayaan tahun baru di Jepang dimulai pada tanggal 1 hingga 3 Januari. Berbagai jenis permainan tradisional pun dimainkan, tak hanya oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Dari sekian banyak pilihan permainan, berikut ini adalah 5 di antaranya:

  1. Hanetsuki

Hanetsuki bisa dibilang merupakan olahraga tradisional khas Jepang yang mirip dengan bulu tangkis. Permainan ini dilakukan oleh dua orang yang menggunakan raket bernama hagoita dengan kok yang dibuat dari bahan biji buah mukuroji. Hanya saja, permainan ini dilakukan tanpa menggunakan jaring. Masyarakat Jepang percaya kalau permainan ini bisa membawa nasib baik.

  1. Karuta

Permainan tradisional yang dilakukan ketika perayaan tahun baru di Jepang selanjutnya adalah karuta. Permainan tradisional ini merupakan permainan menggunakan kartu bergambar yang setidaknya dilakukan oleh 3 orang. Dulunya, karuta merupakan permainan yang hanya dimainkan oleh kaum bangsawan. Namun, sekarang banyak masyarakat umum yang menyukai permainan ini.

  1. Fukuwarai

Fukuwarai jadi permainan tradisional khas Jepang yang menarik, dilakukan mirip seperti ketika bermain tempel ekor keledai. Hanya saja, gambar yang digunakan adalah gambar wajah wanita yang lucu, kerap disebut okame atau otafuku. Hanya saja, gambar-gambar itu dibuat terpisah, tanpa disertai alis, hidung, mata, atau bibir.

  1. Takoage

Bermain takoage atau layang-layang menjadi tradisi berikutnya yang masih dilakukan oleh rakyat Jepang setiap perayaan tahun baru. Layang-layang tersebut biasanya dibuat dengan desain yang unik dan lucu dengan tujuan agar memperoleh nasib baik.

  1. Koma

Koma atau gasing menjadi permainan tradisional yang begitu populer setiap perayaan tahun baru. Bagi masyarakat Jepang, keberadaan koma tak hanya menjadi permainan yang menarik. Koma juga punya nilai filosofi tersendiri. Kemampuan koma yang mampu berdiri tegak diibaratkan sebagai sosok laki-laki dewasa yang bertanggung jawab.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?