5 Tradisi Unik Merayakan Akhir Tahun di Beberapa Negara

Perayaan akhir tahun selalu identik dengan pesta dan letusan kembang api. Meski begitu, beberapa negara masih mempertahankan tradisi-tradisi unik di zaman modern. Negara apa saja dan bagaimana tradisi mereka? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Brazil – Melarutkan Bunga dan Lilin di Sungai

Sebagian masyarakat Brazil masih menganut kepercayaan Pagan Afro – Brazil. Menjelang pergantian tahun, mereka akan mengenakan pakaian putih dan melarutkan lilin beserta bunga putih untuk Dewi Iemanja, salah satu Dewi Laut dari kepercayaan Pagan Afro – Brazil di pantai. Bila bunga atau lilin tersebut tidak kembali ke tepi, maka keberuntungan akan didapat. Jika sebaliknya, keburukanlah yang akan menghampiri.

2. Siberia – Menanam Yolka di Bawah Danau atau Sungai Beku

Ketika semua orang berpesta untuk merayakan akhir tahun, warga Siberia justru memilih terjun ke bawah danau atau sungai yang membeku dan menanam Yolka—sejenis pohon Natal tradisional yang ada di Siberia. Proses penanaman tersebut menyimbolkan bahwa semuanya akan dimulai dari awal, selayaknya tanaman yang mulai tumbuh.

3. Spanyol – Menelan 12 Buah Anggur Bersamaan

Jika Anda menghabiskan liburan akhir tahun di Spanyol, Anda akan mendapati tradisi menelan 12 buah anggur secara bersamaan. Angka 12 menandakan jumlah bulan; satu anggur artinya satu bulan. Bila semuanya termakan tanpa ada yang termuntahkan, maka kebaikan akan menyertai di setiap perjalanan tahun depan. Sebaliknya, jika satu anggur saja keluar dari dalam mulut, maka keburukanlah yang akan didapat.

4. Denmark – Memecahkan Piring di Malam Tahun Baru

Banyaknya relasi ternyata juga dapat berpengaruh di malam tahun baru. Buktinya di Denmark, jumlah piring yang pecah di depan rumah Anda menandakan banyaknya teman yang Anda miliki. Pasalnya, di akhir tahun warga akan mendatangi rumah kerabat maupun teman untuk memecahkan piring sebagai perayaan pergantian tahun.

5. Jerman – Menghabiskan Makanan Hingga ke Tulang

Menghabiskan makanan memang baik. Namun, bagaimana jadinya jika disantap hingga ke tulang-tulangnya? Di Jerman, Anda akan menemukan perayaan unik pada malam Tahun Baru, yaitu menghabiskan semua hidangan tanpa sisa termasuk tulang. Biasanya hidangan berbahan ikan mas yang akan disajikan. Duri ikan mas tersebut akan dibagikan pada para tamu sebagai jimat keberuntungan.

Nah, itulah 5 tradisi unik perayaan akhir tahun. Anda dapat menyaksikannya sendiri dengan berlibur ke sana. Pastikan sudah memahami bahasa yang dipakai dengan belajar bersama primaindisoft cara praktis dan menyenangkan untuk belajar.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?