5 Manfaat Fungsi Invers untuk Kehidupan Sehari-hari

Fungsi komposisi dan invers banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di bidang produksi.

Belajar Matematika tidak mudah dan banyak siswa sulit mendapatkan nilai sempurna untuk mata pelajaran ini. Ada beberapa alasan mengapa Matematika dianggap sulit oleh banyak siswa. Pertama karena mereka tidak bisa mengaplikasikan rumusnya dengan baik. Selanjutnya, matematika tidak dianggap penting untuk kehidupan sehari-hari.

Salah satu materi yang dianggap tidak memiliki manfaat adalah fungsi invers dan komposisi. Padahal penggunaan materi itu untuk kehidupan sehari-hari ada banyak. Berikut fungsi invers dalam kehidupan sehari-hari.

1. Proses Pembuatan Buku

Tahukah kamu kalau proses pembuatan buku merupakan komposisi dari beberapa proses yang berjalan beriringan. Buku dibuat dengan mengambil data dari penulis, lalu masuk ke tangan editor untuk dibenahi. Selanjutnya masuk tahap layout dan akhirnya naik cetak dan dijual di pasaran.

2. Proses Daur Ulang Logam

Logam yang didaur ulang umumnya terdiri dari beberapa jenis yang dicampur dan menjadi komposisi tertentu. Saat terjadi daur ulang, logam akan dipisahkan. Nah, proses pemisahan ini menggunakan variabel tertentu seperti penggunaan magnet. Sekilas proses ini mirip sekali dengan fungsi konvers.

3. Menentukan Permintaan dan Penawaran

Produk yang dijual di luar sana selalu menggabungkan komponen antara permintaan dan juga penawaran. Komponen ini berbaur menjadi satu menjadi suatu fungsi. Kalau permintaan naik, barang bisa saja menurun jumlahnya dan harga jadi menurun, begitu pun sebaliknya.

4. Proses Produksi Makanan

Makanan diproduksi menjadi beberapa langkah mulai dari penggunaan bahan mentah sampai pengemasan dan memberikan bumbu. Dengan fungsi komposisi, setiap bahan makanan akan dibuat menjadi jenis makanan tertentu dan memiliki rasa yang bermacam-macam pula.

5. Penyusunan Pemain dalam Olahraga

Beberapa jenis olahraga membutuhkan yang namanya komposisi pemain. Kalau komposisinya salah, hasil dari pertandingan akan kacau. Itulah kenapa dalam beberapa olahraga seperti sepak bola terdiri dari beberapa pemain dengan kemampuan tertentu.

Nah, sekarang sudah terbukti bukan kalau fungsi invers ternyata memiliki cukup banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Kalau kamu ingin mempelajari materi fungsi komposisi dan invers, bisa melakukannya secara online di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?