Tips Membuat Catatan Rumus yang Lengkap dan Mudah Dipelajari

Membuat catatan rumus tidak mudah kalau kamu melakukannya dengan sembarangan dan tidak rapi.

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau materi pelajaran yang diajarkan di sekolah semakin sulit. Dari SD sampai SMP perbedaanya cukup jauh dan membuat banyak anak jadi sulit mengerjakannya. Apalagi kalau ada banyak rumus yang sulit dihafal dan diaplikasikan pada soal.

Nah, kalau kamu termasuk mereka yang sulit mempelajari soal karena rumus yang bejibun, jangan khawatir. Simak tips membuat catatan rumus di bawah ini agar kamu tidak dapat nilai merah lagi.

1. Buat Catatan dengan Contohnya

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pelajar SMP adalah mereka menulis rumus tanpa paham fungsinya. Apalagi rumus banyak huruf-huruf tertentu yang mewakili variabel. Kalau hanya asal menulis saja tentu kamu akan kesulitan dan tidak bisa memakainya.

Cara terbaik untuk membuat catatan agar kamu tetap ingat dengan fungsinya adalah dengan memberikan contoh. Dengan penggunaan yang terlihat dengan jelas, kamu tidak akan dibuat pusing dan bolak-balik melihat buku pelajaran yang tebal.

2. Buat Catatan Sesuai dengan Pemahaman

Rumus dasar biasanya sama di satu buku ke buku yang lainnya. Namun, tidak semua anak paham dengan hal itu. Kadang dengan membuat catatan sesuai dengan pemahaman akan jauh lebih baik. Asal konsepnya masih sama, kamu bisa melakukannya.

3. Kelompokkan Sesuai dengan Materi

Beberapa materi memiliki rumus yang hampir sama. Kelompokkan rumus sesuai dengan materi. Kalau kamu asal mencampur materi yang diberikan, kemungkinan akan bingung dan salah menggunakan akan besar.

4. Buat dengan Rapi

Hal terakhir yang harus diperhatikan dengan baik kalau kamu ingin membuat catatan rumus adalah rapi. Catat semuanya secara rapi dan kelompokkan dengan benar. Kalau catatan yang kamu miliki rapi, proses belajar akan berjalan dengan mudah. Bahkan, beberapa bulan kemudian dibaca lagi, kamu masih paham.

Inilah beberapa tips membuat catatan rumus yang tepat dan membuat kamu mudah sekali untuk belajar. Kalau kamu penasaran tentang rumus apa saja yang mudah dipelajari khususnya Matematika, coba simak kumpulan rumus untuk SMP di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?