4 Ide Kreatif agar Aktivitas Belajar di Sekolah Lebih Seru

Aktivitas belajar bisa dilakukan dengan menarik dan kreatif kalau menggunakan media belajar seperti Primaindisoft.

Belajar di dalam kelas adalah aktivitas yang membosankan bagi banyak siswa. Bagaimana tidak, sejak TK sampai SMA sekalipun, pembelajaran hanya dilakukan di dalam ruangan saja. Dampaknya, anak jadi bosan dan akhirnya sulit sekali untuk konsentrasi dalam belajar.

Nah, kalau Anda merupakan guru kelas yang tidak ingin peserta didiknya jadi malas di kelas dan akhirnya tidak produktif, coba lakukan beberapa aktivitas seru di kelas berikut ini.

1. Jangan Gunakan Susunan Bangku Konvensional

Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan susunan bangku konvensional. Maksud dari susunan bangku ini adalah deretan meja dan kursi yang berjajar dari depan ke belakang. Anda bisa mengubah hal itu seperti menjadi beberapa kelompok atau sedikit menyingkirkan meja dan menggelar karpet di tengah.

2. Menggunakan Cara Pengajaran yang Bervariasi

Metode pembelajaran konvensional biasanya dilakukan dengan memberikan materi di depan kelas secara satu arah. Selanjutnya guru akan memberikan latihan soal dan dilanjutkan ulangan. Ubah metode pembelajaran agar lebih menarik dan membuat siswa jauh lebih aktif dalam belajar.

3. Menggunakan Media Belajar

Media belajar sangat penting untuk menghindari pembelajaran konvensional. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari hal itu adalah dengan media belajar. Anda bisa menggunakan komputer atau menggunakan alat peraga.

Kalau Anda berniat memberikan pembelajaran yang lebih baik dengan materi jenis apa pun, bisa menggunakan Primaindisoft. Di sana ada banyak materi yang bisa diberikan langsung pada siswa.

4. Sesekali Melakukan Aktivitas Outdoor

Pembelajaran yang menarik tidak harus dilakukan di dalam kelas. Pada materi tertentu, Anda bisa mengajak anak-anak keluar dari ruangan. Anak bisa dibawa ke taman, halaman sekolah, atau perpustakaan. Selanjutnya, anak bisa diarahkan untuk melakukan praktikum dengan hal-hal yang ada di sekelilingnya.

Memiliki ide kreatif kegiatan di kelas akan membantu Anda dalam menyemarakkan proses belajar dan mengajar. Kalau siswa jadi betah di dalam kelas, kemungkinan mereka antusias dalam belajar akan besar, dampaknya, mereka jadi paham banyak hal.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?