5 Kemampuan yang Wajib Dimiliki Ibu Masa Kini

Menjadi seorang ibu di era modern jauh lebih sulit dibandingkan ibu di zaman dulu. Tantangan yang harus dihadapi oleh ibu modern, jauh lebih besar. Apalagi, di era maju seperti sekarang, akses informasi bisa didapatkan dengan begitu mudah. Kalau tak ditangani dengan salah, bisa berpengaruh buruk pada pendidikan anak.

 

 

Untuk menghadapi tantangan era canggih yang ada, seorang ibu modern pun harus melengkapi dirinya dengan berbagai kemampuan. Kemampuan ini selanjutnya dapat dipakai menjadi modal untuk mendidik anak sehingga tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara. Berikut ini adalah 5 kemampuan yang dimaksud:

1. Serbabisa

Seorang ibu modern, dituntut untuk memiliki kemampuan dalam bidang apa pun. Bunda tak hanya harus berperan sebagai perawat anak, tetapi juga harus menjadi guru, motivator, koki, teman bermain ketika anak berada di rumah. Namun, kehadiran teknologi bisa membuat bunda melakukan hal tersebut dengan begitu mudah. Sebagai contoh, bunda bisa memanfaatkan layanan video streaming di Youtube untuk mencari resep makanan favorit si kecil.

2. Multitasking

Kemampuan serbabisa bagi seorang ibu modern masih belum cukup. Bunda juga harus melengkapi diri dengan kemampuan multitasking. Dalam satu waktu, tak menutup kemungkinan bunda harus dituntut untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Sebagai contoh, bunda bisa menyetrika baju sekaligus bermain dengan anak.

3. Tingkat kesabaran yang tinggi

Stok kesabaran yang banyak harus disiapkan oleh seorang ibu modern. Apalagi, dengan melihat berbagai kenakalan yang bakal dilakukan oleh anak. Jangan sampai bunda terlihat emosional dalam menghadapi tingkah laku anak. Apalagi, sampai melakukan tindak kekerasan fisik.

4. Melihat sesuatu secara detail

Seorang ibu modern juga dikenal sebagai sosok yang punya kemampuan dalam mengenali berbagai hal secara detail. Apalagi, ketika berhadapan dengan hal-hal yang berkaitan dengan anak dan pekerjaan rumah tangga.

5. Tak mengenal rasa takut

Terakhir, seorang ibu modern juga memiliki kemampuan tidak mengenal rasa takut untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan anak. Apalagi, seorang ibu merasakan perjuangan mempertaruhkan nyawa ketika melahirkan anak.

Komentar