5 Ide Seru Pembelajaran Tema Kebutuhanku untuk Anak TK

Salah satu tema pembelajaran anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) yang sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah Kebutuhanku. Pada tema ini anak diajarkan untuk mengenal berbagai benda yang menjadi kebutuhan mereka sehari-hari, baik kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier.

Pada tema ini anak-anak juga dikenalkan pada konsep preferensi, seperti apa makanan favorit mereka, mainan kesukaan, dan minuman yang disukai. Tujuan utama pembelajaran tema kebutuhanku ini adalah untuk menstimulasi kemampuan anak mengenal dan menganalisis kebutuhan dasar mereka.

 

Agar saat dewasa mereka tidak bergantung pada orang lain dan bersikap mandiri. Nah, berdasarkan konsep tersebut, ada beberapa ide pembelajaran tema Kebutuhan yang bisa dijadikan referensi, di antaranya:

1. Permainan kartu huruf

Konsep permainan kartu ini adalah dengan menunjukkan berbagai kartu bergambar dengan kata di bawahnya. Selain mengenal gambar yang sesuai dengan tema Kebutuhan, kata di bawah gambar juga dapat menambah kosakata anak sehingga aspek bahasa mereka bisa terstimulasi secara maksimal.

2. Bermain peran

Bermain peran merupakan salah satu metode pembelajaran klasik. Melalui metode pembelajaran ini, anak bisa mengenal kebutuhan mereka melalui simulasi sederhana. Selain bisa melatih aspek bahasa, bermain peran juga dapat melatih kepercayaan diri anak untuk tampil di hadapan orang banyak.

3. Membuat hasil karya

Untuk menstimulasi motorik anak usia dini sekaligus mengenalkan tentang kebutuhan, Anda bisa mengajak anak membuat hasil karya dari berbagai benda di sekitar. Seperti melipat bentuk pakaian menggunakan kertas lipat, menganyam bentuk karpet menggunakan pita kertas, atau membuat miniatur makanan menggunakan playdough.

4. Bercerita di depan kelas

Ajak anak untuk membawa benda kesayangan dan bercerita di depan keluarga untuk menstimulasi kepercayaan diri mereka. Selain percaya diri, melalui kegiatan ini anak-anak juga bisa belajar mengekspresikan apa yang ingin disampaikan dengan bahasa mereka sendiri.

5. Menggunakan aplikasi interaktif

Selain 4 ide seru di atas, menggunakan aplikasi interaktif sebagai media pembelajaran juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah media audio visual dari Primaindisoft.

Primaindisoft sendiri merupakan situs pembelajaran online dengan berbagai pilihan aplikasi dan pembelajaran seru yang menyenangkan. Serunya setiap aplikasi yang ada di sini, sesuai dengan Kurikulum 2013, jadi materi yang didapatkan selalu aktual dan sesuai dengan indikator dari Dinas Pendidikan.

Nah, itulah 5 ide seru pembelajaran tema Kebutuhanku yang bisa Anda jadikan referensi untuk belajar bersama buah hati. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?