5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kemampuan

Menentukan jurusan kuliah yang sesuai kemampuan adalah salah satu pekerjaan rumah bagi siswa SMA. Beberapa tips berikut akan membantu kamu untuk melakukannya.

 

Apakah kamu masih bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dituju? Banyak siswa SMA yang mengalami hal tersebut. Namun, kebingungan tersebut dapat diatasi dengan melakukan berbagai tips berikut ini. Dengan cara ini, keputusan untuk memilih jurusan kuliah diharapkan akan semakin mantap.

 

1. Amati nilai-nilai yang kamu dapatkan selama ini

Apakah kamu lebih pandai di mata pelajaran Matematika atau Sejarah? Hal ini menunjukkan kecenderungan kamu saat belajar. Jika nilai-nilai Matematikamu di atas rata-rata, kamu sebaiknya memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan sains. Sebaliknya, kalau kamu ahli menghafal berbagai teori, kamu bisa memilih jurusan sosial.

 

2. Meminta saran dan rekomendasi guru

 

 

Guru adalah orang yang mengetahui kemampuan kamu dengan baik. Kamu bisa mengandalkan pendapatnya untuk memberikan pertimbangan saat memilih jurusan kuliah. Guru tentu sudah mengamati perkembanganmu secara mendetail dan akan dengan senang hati memberikan masukan mengenai jurusan yang sebaiknya dipilih.

 

3. Banyak mencari tahu tentang jurusan yang dituju

 

 

Seringkali, kamu khawatir terlebih dahulu sebelum mengetahui dengan benar tentang jurusan yang dituju. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari banyak informasi tentang jurusan tersebut dan apa saja kemampuan yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Dengan mengetahui secara jelas, kamu lebih fokus untuk mengasah kemampuan sehingga cita-citamu dapat tercapai.

 

4. Jangan memilih jurusan karena gengsi

 

 

Sebagian orang memilih untuk mengambil jurusan tertentu karena gengsi atau karena diharapkan orang tua. Padahal, kamu tidak menyenanginya. Kalau ini yang terjadi, kamu cenderung akan mengabaikan faktor kemampuan, tetapi lebih mengedepankan ambisi. Padahal, ambisi saja tidak cukup untuk membuat kamu diterima di universitas idaman.

 

5. Ikuti try out untuk menjajal kemampuan

 

 

Apakah kamu hanya separuh yakin dengan kemampuanmu? Supaya tidak terus-menerus ragu, kamu bisa menjajal kemampuan melalui tes try out. Melalui cara ini, kamu setidaknya dapat menentukan kelebihan dan lebih percaya diri saat memilih jurusan kuliah yang diinginkan.

 

Nah, inilah beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan. Dengan cara ini, peluang kamu untuk diterima di universitas idaman pasti akan lebih besar. Simak juga tips-tips lainnya di Primaindisoft. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?