5 Cara Mengajari Anak agar Sportif Menerima Kekalahan

Anda tentu ingin anak memiliki perilaku sportif terlihat saat menerima kekalahan dengan ikhlas, bukan? Berikut ini tipsnya.

Kompetisi bisa terjadi dalam permainan anak sehari-hari tidak saja dalam perlombaan ataupun pertandingan. Pasalnya, anak-anak sering terlihat kecewa dan menangis saat kalah bermain dengan teman-temannya. Ya, mereka memang menganggap kekalahan merupakan hal besar, sehingga sulit bagi mereka untuk menunjukkan perilaku sportif terlihat saat menerima kekalahan dengan ikhlas.

Anak-anak bahkan seringkali tidak bisa menerima kenyataan tersebut, meski mereka tahu selalu ada yang menang dan kalah dalam sebuah permainan. Bila sedang beruntung bisa saja menang dan sebaliknya. Oleh karenanya, sebagai orang tua Anda harus mampu mengajarkan tentang sportivitas sedari kecil.

Inilah 5 Tips Mengajarkan Sportivitas pada Anak

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan pada si kecil.

  1. Memberi Contoh pada Anak

Sebagai orang tua, Anda bisa mengajarkan anak dengan memberikan contoh diri Anda sendiri. Saat kalah tunjukkan perilaku sportif dengan menerima kekalahan dengan tidak menunjukkan ekspresi kecewa pada anak.

  • Ajak Anak Permainan Olahraga Kelompok

Melalui permainan olahraga berkelompok, anak akan belajar menghargai teman dan kekalahannya. Ajarkan anak untuk mengucapkan selamat pada lawan mainnya bila kalah.

  • Ajarkan untuk Bersikap Positif

Anak harus bisa belajar untuk mengambil sisi positif dari kekalahannya. Ini sebagai pembelajaran dan pengalaman baru agar pantang menyerah dalam pertandingan berikutnya.

  • Ajarkan Sikap Ikhlas pada Anak

Anak-anak harus bersikap ikhlas dalam kondisi apapun, khususnya saat kalah dalam sebuah kompetisi. Hal ini karena hasil tidak semuanya bisa sesuai  harapan.

  • Ajarkan bahwa Proses Lebih Penting

Jelaskan pada anak bahwa menang bukan segalanya. Justru proses cara mencapai kemenangan itu yang paling penting.

Nah, itulah 5  tips yang bisa Anda ajarkan pada anak. Dengan demikian, anak bisa menunjukkan perilaku sportif terlihat saat menerima kekalahan dengan ikhlas meski rasa kecewa itu wajar.

Ingin mengajarkan sportivitas pada anak? Segera klik dan daftarkan diri Anda di situs https://member.primaindisoft.com untuk pengajaran yang mudah pada anak.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?