3 Media Pembelajaran Kreatif yang Bisa Diaplikasikan di Kelas

Media pembelajaran bisa digunakan untuk membuat situasi belajar di kelas menjadi kreatif dan semangat.

Ada banyak kesulitan yang dialami oleh guru saat mereka melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kesulitan yang mereka alami terdiri dari sulitnya materi masuk dan dipahami oleh siswa. Selain itu banyak sekali siswa yang tidak antusias dalam melakukan kegiatan belajar dan mengajar.

Dari berbagai masalah yang sering dialami oleh guru, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Guru harus bisa menggunakan media pembelajaran di kelas. Dengan begitu, peserta didik bisa belajar dengan lebih baik. Berikut tiga media pembelajaran kreatif yang bisa dipakai.

1. Menggunakan Media Manipulatif

Media manipulatif bisa digunakan untuk mempelajari banyak hal mulai dari sains hingga matematika. Media ini biasanya berbentuk fisik yang bisa diubah dan dimodifikasi sesuai dengan keinginan. Misal menggunakan bola untuk mempelajari hitungan.

Selain diajarkan langsung di kelas, guru juga bisa meminta peserta didik untuk membuat hal itu sendiri bersama kelompoknya. Kalau anak terlibat secara langsung dengan pembuatan, kemungkinan besar mereka tidak akan melupakannya.

2. Menggunakan Media Video

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, anak cenderung lebih mudah memahami sesuatu kalau mereka melihat secara visual dan mendengarkan sesuatu. Itulah kenapa video bisa digunakan untuk materi pembelajaran di kelas agar tidak membosankan.

Anda bisa mencari video yang sesuai dengan materi atau membuatnya sendiri. Dengan menggunakan video, anak bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Terkadang anak-anak tidak paham karena malas membaca.

3. Menggunakan Pembelajaran Online

Anda bisa menggunakan media pembelajaran online kalau ingin membuat anak jadi lebih antusias lagi. Media pembelajaran yang bisa dipakai ada banyak dan salah satunya melalui Primaindisoft.

Dengan menggunakan platform belajar online itu, Anda mengajarkan anak banyak hal di satu tempat saja. Dengan kreatifnya pembelajaran yang dilakukan di kelas, anak-anak jadi semangat sehingga materi yang disampaikan bisa lebih jelas.

Inilah beberapa ulasan tentang media pembelajaran yang bisa digunakan saat mengajar di kelas. Dari beberapa media pembelajaran di atas, mana saja menurut Anda bisa digunakan kapan saja?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?