5 Ide Kreatif Mendekorasi Ruang Belajar Anak untuk Persiapan Menghadapi UAS

Anda ingin anak rajin belajar untuk persiapan menghadapi UAS? Yuk, atur ruang belajarnya agar lebih kondusif dan nyaman dengan ide berikut.

Apakah anak Anda lebih suka belajar di atas tempat tidur daripada di ruang belajar? Kalau iya, coba cek kondisi ruang belajar si kecil; bisa jadi ia merasa tidak nyaman dengan desainnya.

Bagi anak, desain ruang belajar yang nyaman dapat menambah energi positif dan semangat belajar, terutama saat persiapan menghadapi UAS. Karena itu, sudah waktunya Anda meningkatkan produktivitas anak dengan ide dekorasi ruang belajar berikut ini.

  1. Ruang Belajar dengan Galeri

Anak Anda pernah membuat karya seni atau mendapatkan penghargaan? Ubah setiap karya maupun penghargaan tersebut ke dalam bentuk galeri foto. Lalu, tempelkan di dinding ruang belajar; upayakan letak galerinya tepat di depan meja anak.

Percaya atau tidak, galeri foto bisa memotivasi anak ketika memandangnya di sela belajar. Selain itu, dengan melihat galeri foto, mereka terpacu untuk tetap produktif.

  • Ruang Belajar Bertema Alam

Ruangan bertema alam bisa memunculkan kesan segar dan menambah konsentrasi anak dalam belajar. Misalnya, dengan menempelkan wallpaper tenda di bawah pohon rindang, lukisan dinding berupa pegunungan, serta gambar air terjun. Anda juga bisa membuat papan jadwal belajar dan mata pelajaran dari kayu untuk menekankan kesan natural.

  • Ruang Belajar Bertema Rustic dengan Jendela Besar

Ruang belajar tema rustic minimalis cocok untuk anak Anda yang berumur 9 tahun ke atas. Tema ini bisa ditampilkan dengan menempatkan set meja-kursi belajar berbahan kayu dalam bentuk rumah. Jangan lupa, buat area penyimpanan di bawah meja belajar agar anak terbiasa menata buku dan peralatan sekolah dengan rapi.

  • Ruang Belajar Bertema Polkadot Aneka Warna

Anak SD berumur 6—7 tahun cenderung menyukai tema ceria dan cerah. Supaya anak semakin semangat belajar, sematkan polkadot di dinding ruang belajar. Bentuk polkadot bisa berupa balon putih, pita aneka warna, lingkaran, atau berbagai bentuk huruf.

  • Ruang Belajar Minimalis Modern

Ruang belajar minimalis modern bisa Anda siapkan untuk anak yang duduk di bangku kelas 5—6 SD. Letakkan ruangan tersebut berada di dekat jendela besar. Kemudian, tempatkan meja dan kursi lipat di sisi jendela. Sementara rak buku, posisikan di belakang kursi belajar.

Demikian lima ide kreatif mendekorasi ruang belajar anak untuk persiapan menghadapi UAS. Selain menyiapkan ruangan yang tepat, Anda juga memberikan cara belajar untuk menghadapi UAS. Salah satunya dengan menggunakan fitur belajar Primaindisoft. Mulai dari latihan soal, game belajar interaktif, video, sampai e-comic, tersedia di situs ini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?