Cara Memilih Kamera yang Tepat

 

Untuk kamu yang hobi banget sama urusan nge-vlog, suka buat video tutorial atau lagi belajar jadi citizen journalist pasti udah familiar dengan kata kamera. Kamera adalah salah satu faktor yang bisa mendukung video buatanmu itu enak untuk ditonton.

Membahas tentang kamera, kini di pasaran terdapat kamera dengan berbagai bentuk, fitur dan harga. Tentu ini akan membut kamu bingung dalam memilih kamera yang tepat untuk digunakan. Sebelum mulai shooting mari pelajari dulu hal yang perlu diketahui tentang kamera dan inilah sedikit tips memilih kamera untukmu.

 

1. Sesuaikan Budget

Semakin mahal sebuah kamera biasanya akan dibarengi juga dengan semakin meningkatnya kualitas dan berbagai fitur menarik. Namun, jangan mudah tergiur, pastikan kamu membeli kamera yang sesuai dengan budget. Jangan lari dari angka yang sudah ditentukan. Yang terpenting adalah kamera yang kamu beli bisa untuk merekam video dengan hasil gambar yang cukup. Yang tak kalah penting, sediakan juga budget untuk membeli aksesoris kamera, seperti memory card dengan spesifikasi yang mumpuni untuk rekam video, microphone atau lighting tambahan.

 

2. Lihat Resolusi Kamera

Untuk DSLR camera, pastikan kamu memilih kamera dengan resolusi Full HD 1080. Namun, jika budget tidak memungkinkan, maka kamu bisa memilih kamera dengan resolusi HD 720. Setidaknya resolusi ini sudah memenuhi standar produksi video yang baik. Kamu bisa melihat resolusi kamera pada keterangan spesifikasi kamera yang tertera di box. Atau kamu bisa melihat rincian lebih jelas di website resmi milik kamera yang sudah diincar.

 

3. Sudah Dilengkapi dengan Lensa Zoom

Sebaiknya pilih kamera yang sudah dilengkapi dengan lensa zoom. Lensa zoom ini diperlukan agar kamu bisa memainkan focal length dalam sebuah gambar. Biasanya kamera yang sudah dibundling dengan lensa zoom harganya akan lebih murah dibanding kamu membeli kamera dengan lensa yang terpisah. Sehingga dana yang tersisa bisa digunakan untuk membeli aksesoris kamera lainnya.

 

4. Pakai Memory Card Kualitas Tinggi

Jangan sampai salah membeli memory card yang akan dipakai dalam kamera. Belilah SD card kualitas tinggi yang bisa digunakan untuk merekam video. Untuk video, minimal belilah SD Card kelas 6, namun sangat dianjurkan untuk membeli SD card kelas 10. Semakin tinggi pemilihan kualiitas SD card maka akan semakin mulus pula proses perekaman video. Jika kualitas memory card rendah maka biasanya akan terjadi proses recording yang terputus-putus.

5. Opsi: Layar LCD yang Bisa Diputar

Menggunakan layar LCD yang bisa diputar nantinya akan memudahkan kamu dalam proses shooting. kamu bisa memiliki berbagai pilihan angle dalam perekaman video sesuai dengan kondisi lapangan. Namun hal ini bersifat opsional.

 

6. Cek Harga Pasar

Sebelum membeli sebaiknya kamu cek harga kamera yang sudah diincar. Cek dan bandingkan harga dari berbagai website penjualan atau kamu bisa menanyakan pada teman videographer lainnya. kamu juga bisa mengajak serta teman yang mengerti harga alat videografi serta referensi tempat terpercaya untuk membeli kamera.

 

Kamu juga bisa melihat tutorial Videografi untuk belajar berbagai hal mendasar seputar dunia videografi. Happy shooting!

Komentar