4 Tools Pendukung Blended Learning untuk Pembelajaran di Kelas

Ingin siswa terlibat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar? Coba manfaatkan 4 tools blended learning berikut ini.

Model pembelajaran terus berkembang seiring kemajuan teknologi. Anda sebagai guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan memperbarui metode pengajaran dalam kegiatan belajar siswa. Sudah waktunya Anda meninggalkan cara konvensional yang hanya berlangsung satu arah.

Metode blended learning untuk guru bisa Anda coba. Model pembelajaran ini mengombinasikan beberapa keunggulan cara belajar konvensional dan e-learning. Jadi, Anda tetap bisa berinteraksi dengan siswa sambil memanfaatkan kecanggihan teknologi terkini.

Lalu, apa saja tools blended learning yang bisa Anda pakai untuk menunjang pembelajaran di kelas?

Google Classroom

Anda pecinta layanan Google? Jika ya, manfaatkan Google Classroom untuk mengelola pembelajaran di kelas. Berbagai layanan Google bisa Anda optimalkan pemakaiannya bersama para siswa melalui sistem pembelajaran paperless alias tanpa kertas.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan siswa tugas melalui Gmail untuk pemberitahuan dan memakai Google Drive untuk mengumpulkannya. Lalu, sinkronisasi kalender untuk memudahkan Anda update jadwal tes. Anda dan siswa sama-sama terbantu dalam mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membangun komunikasi lebih efektif.

Perpustakaan digital

Anda ingin siswa mengandalkan sumber informasi tepercaya seperti halnya buku-buku di perpustakaan atau e-book? Manfaatkan saja aplikasi perpustakaan digital atau website yang menyediakan ribuan e-book. Meski internet gudangnya informasi, siswa tetap perlu mengandalkan buku sebagai sumber informasi yang lebih ilmiah.

Siswa dapat memasang aplikasi perpustakaan digital di ponsel pintarnya, seperti iPusnas atau iJak untuk meminjam buku-buku yang dibutuhkan. Alternatif lain, mereka bisa mengakses website untuk mengunduh e-book, misalnya Project Gutenberg atau Planetbook.

YouTube

Materi pembelajaran yang disampaikan melalui medium video selalu sukses mencuri perhatian. Jika Anda mempunyai banyak materi berbentuk video, buat akun YouTube untuk menyimpan dan menampilkan video tersebut.

Bahkan, Anda juga bisa meminta siswa membuat tugas video untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap suatu tema. YouTube jelas menjadi media tepat dalam membuat dan mengorganisir konten pembelajaran video Anda dan para siswa.

Primaindisoft

Sulit mencari materi pembelajaran sesuai kurikulum nasional? Coba cek saja Primaindisoft. Anda bisa mengenalkan siswa pada empat fitur belajar yang tersedia, yaitu video pembelajaran, e-comic, game belajar interaktif, dan latihan soal serta pembahasan.

Setiap konten yang ada didesain secara khusus guna mendukung pembelajaran siswa secara mandiri. Berbekal ribuan konten menarik yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, siswa pun bisa tahu bahwa belajar itu asyik dan menyenangkan.

Demikian 4 tools blended learning yang bisa Anda pakai untuk pembelajaran di kelas. Memilih tools tepat akan membantu Anda mengajar lebih efektif, sehingga siswa juga bisa belajar lebih optimal. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?