4 Cara Seru Mengajak Anak Berolahraga secara Rutin

Mengajak anak untuk mau berolahraga secara rutin memang tidak mudah. Namun, bisa dilakukan dengan cara seru ini.

Salah satu aktivitas fisik yang sangat penting untuk semua orang termasuk anak-anak adalah olahraga. Dengan melakukan olahraga, anak-anak bisa menggerakkan tubuhnya dengan baik, lincah, dan tentu saja membuat mereka tidak mengalami obesitas yang sangat berbahaya.

Kalau Anda saat ini memiliki anak yang masih Usia TK dan sering sekali sulit saat diajak untuk berolahraga setiap harinya, berikut beberapa ide mengajak anak berolahraga rutin yang bisa Anda sontek.

1. Olahraga dengan Konsep Permainan

Kalau Anda mendadak diajak untuk berolahraga yang berat seperti lari atau angkat beban tentu mereka tidak akan mampu, Apalagi kalau olahraga itu dianggap tidak menarik. Dipaksa pun mereka tetap akan menolaknya.

Sebisa mungkin mengajak anak berolahraga dengan ada komponen permainannya. Dengan adanya komponen permainan, anak tidak akan sadar kalau tubuhnya bergerak dan melakukan olahraga.

2. Mengajak Anak ke Lapangan

Ajak anak ke lapangan untuk bermain dan melakukan hal seru. Anda tidak harus menyuruh mereka berjalan atau berlari. Cukup lakukan aktivitas menarik yang membuat anak penasaran dan akhirnya mengikuti Anda untuk melakukan olahraga tanpa diminta. Yang penting anak harus tertarik terlebih dahulu.

3. Berlomba dengan Saudara

Anak biasanya memiliki jiwa bersaing yang tinggi. Anda bisa mengajak anak-anak ke lapangan atau halaman untuk melakukan permainan atau semacam lomba. Dengan lomba ini anak-anak akan bersemangat dan tidak sadar sudah berolahraga.

4. Menunjukkan Manfaat Olahraga

Anak tidak akan mau berolahraga kalau mereka merasa hal itu tidak berguna untuk mereka. Oleh karena itu orang tua disarankan untuk memberikan contoh yang baik dan manfaatnya. Misal melihat video dan menunjukkan manfaat dari olahraga dan keseruan melakukannya. Dengan cara ini akan timbul keinginan dari anak.

Selain menggunakan beberapa cara di atas, Anda juga meningkatkan aktivitas olahraga anak dengan video. Melalui video yang dihadirkan oleh Primaindisoft, anak bisa berolahraga secara seru dan tidak perlu keluar rumah. Kalau Anak sudah senang melakukannya, meski melelahkan mereka akan tetap melakukannya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?