4 Hal Penting yang Harus Diketahui tentang Reklamasi

Yuk, mengenal reklamasi dengan belajar empat poin penting tentang konsep dasar reklamasi berikut ini!

Reklamasi dimaknai sebagai proses pembentukan lahan atau daratan baru yang berasal dari dasar perairan, seperti laut atau sungai. Proses ini menjadi salah satu aktivitas geografi buatan yang bertujuan untuk memperluas tanah untuk kemudian diambil manfaatnya. Agar dapat mengenal reklamasi serta konsep prosesnya, berikut adalah empat poin penting tentang reklamasi yang dapat dijadikan sebagai pengetahuan dasar.

1.     Manfaat Reklamasi

Reklamasi menjadi salah satu usaha pemanfaatan sumber daya lahan bagi negara-negara pesisir. Seiring bertambahnya populasi penduduk, lahan kosong menjadi berkurang. Namun, dengan menerapkan sistem reklamasi ini, kekurangan lahan sedikit dapat teratasi melalui pemanfaatan pesisir sebagai tempat hunian atau kawasan industri. Sebagai hasilnya, masyarakat pun dapat memiliki tempat tinggal atau menambah lapangan pekerjaan baru.

2.     Sistem yang Digunakan dalam Reklamasi

Sistem yang digunakan oleh beberapa negara maju dalam mendirikan reklamasi ini adalah dengan sistem drainase. Sistem drainase ini digunakan untuk daerah pesisir yang datar dan relatif rendah dari wilayah di sekitarnya.

Salah satu keuntungan sistem drainase untuk reklamasi adalah tidak terlalu banyak memakan biaya dan material. Selain itu, daerah reklamasi yang dibentuk melalui proses drainase pun bisa dijadikan kawasan industri.

3.     Material yang Digunakan untuk Reklamasi

Tidak kalah penting dengan sistem yang digunakan, material yang digunakan pun harus diperhatikan. Material dapat diperoleh dari daratan maupun dari laut. Jika dari daratan kita dapat menggunakan batuan beku (andesit) dan tanah urugan (soil cover). Sementara itu, dari daerah laut kita bisa menggunakan pasir endapan yang terdapat di dasar lautan.

4.     Dampak negatif reklamasi

Di samping sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari proses reklamasi, ada beberapa dampak negatif yang mungkin ditimbulkan dari proses tersebut. Beberapa dampak negatif akibat reklamasi adalah tercemarnya laut oleh limbah industri, peningkatan potensi banjir di area pantai, perubahan bentang alam atau geomorfologi,  serta aliran air dari sumber alami yang tertahan dan tidak berjalan seperti semestinya.

Palm Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab [Foto/traveldigg.com]

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui dalam pembelajaran mengenal reklamasi. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai reklamasi beserta sistem dan prosesnya, Anda bisa mengajak putra-putri untuk belajar melalui materi tentang reklamasi di situs pembelajaran daring Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?